Kamis, 09 April 2009

Membaca Itu Bisa Atau Biasa?

Seringkali kita mendengar pertanyaan dari para orang tua baik itu melalu obrolan sesama keluarga, teman, baca lewat milis, internet atau melalu media lain seperti televisi, majalah, dll tentang "Usia berapakah yang paling tepat untuk mengajarkan anak membaca?"

Kalo dari bebrapa info yang Chi dapet sie ada yang bilang katanya dari lahir seorang bayi sudah bisa diajak untuk belajar membaca. Tapi ada juga yang bilang sebaiknya sebaiknya anak di ajarkan membaca ketika menginjak usia SD, sekitar 6-7 tahun.

Metode belajar membaca pun macam-macam. Ada metode yang sekarang ini sedang terkenal yaitu metode Glenn Doman, atau metode lainnya. Chi sendiri seperti yang pernah di tulis di postingan-postingan sebelumnya tidak menganut metode tertentu, bener-bener metode suka-suka..

Kalo masalah usia yang tepat, Chi sih termasuk yang setuju kalo belajar membaca itu sebaiknya di mulai dari usia 6 tahun. Anak di bawah umur 6 tahun sebaiknya sih hanya bermain aja.. Kalopun mau di ajarkan membaca sebaiknya sambil bermain jangan dipaksa.

Chi sih mikirnya kalo anak di bawah usia 6 tahun mungkin bisa aja kita ajarkan mereka bahkan dengan cara sedikit memaksa pun Chi yakin mereka pada akhirnya mereka akan cepat bisa membaca. Tapi kalo kita paksa Chi khawatir mereka hanya sebatas bisa membaca tapi tidak biasa. Sementara Chi pengen anak-anak itu biasa membaca.

Bisa & biasa jelas beda menurut Chi. Kalo cuma bisa ya itu tadi tinggal Chi paksa aja mereka untuk belajar membaca. Pasti mereka akan cepat bisa membaca. Tapi abis itu ya sudah selesai.. Sementara untuk menimbulkan biasa membaca itu harus datang dari diri si anak dulu. Mereka harus punya minat rasa ingin tahu untuk membaca. Rasa minat & ingin tahu ini tentunya harus di gali, harus di beri rangsangan bukan dengan cara paksaan.

Prosesnya udah pasti memakan waktu yang lebih lama daripada hanya mencapai bisa membaca saja. Tapi efek jangka panjang & keuntungan yang bisa kita dapat lebih banyak. Seperti yang Chi tulis dia atas, kalo kita hanya mencari "bisa", tugas kita selesai begitu si anak suda bisa membaca. Anak pun juga merasa tugasnya dia sudah selesai karena yang penting kan dia sudah bisa membaca. Tapi kalo anak "biasa" membaca, proses membaca mereka tidak terhenti sampai sebatas bisa membaca saja tapi membaca itu sudah bisa di jadikan hobby oleh mereka. Dan Chi pikir kalo kita punya hobby membaca itu gak ada ruginya sama sekali kok..Jadi sekarang kita tinggal pilih mau anak kita bisa atau biasa membaca. Kalo Chi sih pilih biasa membaca.


post signature

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge