Senin, 20 April 2009

Di Todong Dan Rasa Empati

1 minggu yang lalu adik Chi yang paling kecil, namanya Adhi, diminta sekolahnya untuk ikut olimpiade sains antar SMU. Perlombaanya diadain di salah satu SMU negeri di daerah Rawamangun (lupa nama SMUnya).

Sore harinya Adhi & 1 orang teman sekolahnya yang ikut olimpiade juga pulang ke rumah dengan naik taxi. Kami yang ada di rumah agak heran juga kok tumben-tumbenan naik taxi. Ternyata setelah mendengar cerita dari mereka, mereka berdua baru aja di todong.

Aksi penodongan terjadi ketika mereka sedang nunggu angkot di terminal Rawamangun. Tiba-tiba aja mereka di datengin sama 1 orang laki-laki yang kelihatannya mabok. Pemabok ini mau malakin uangnya Adhi sama temennya. Awalnya mereka nolak, tapi gak lama kemudian datang lagi 1 orang preman sambil nunjukin 1 buah golok dari balik jaketnya trus minta Adhi sama temennya untuk ngikutin mereka.

Karena ngeliat yang preman ini bawa senjata tajam, jelas aja mereka berdua jadi ketakutan. Tau sendiri deh penjahat jaman sekarang banyak yang nekat (kami aja begidik dengernya..). Mereka berdua lalu di bawa jalan lumayan jauh (katanya sih mau di bawa ke tempat tongkrongannya mereka. Ih serem!!!).

Mereka berdua lalu di bawa ke sebuah taman yang sepi lalu di sanalah mereka dipretelin. Uang, HP, sepatu diambil sama mereka semua. Bahkan tadinya para penodong itu minta seragam sekolahnya adik Chi & temennya!! Keterlaluan!!! Adhi & temennya minta ke mereka supaya seragam sekolah jangan di ambil. Alhamdulillah gak jadi diambil... Mereka cuma di kasih uang 10 ribu buat berdua. Mereka lalu naik metromini, turun di Arion dari situ baru deh mereka cari taxi.

Serem banget denger ceritanya mereka.. Walopun sagat geram dengan para penodong itu, tapi masih bersyukur karena fisik mereka tidak terluka sedikitpun. Tau sendiri deh kenekatan para penjahat.. Alhamdlillah mereka masih dilindungi oleh Allah SWT. Dan untuk para penodong semoga mereka sadar, tapi kalo gak sadar juga biar Allah yang kasih pembalasan buat mereka...

Trus ada keberuntungan lain, kebetulan hari itu Adhi lagi pake sepatunya yang udah butut. Sepatu barunya lagi di cuci. Coba kalo yang di todong sepatu barunya, pasti rasanya lebih ngenes.. Trus temen Adhi, katanya uangnya banyak yang selamat. Karena temennya Adhi naro sebagian uangnya di selipan-selipan dompet. Nah yang di selipan-selipan ini ternyata luput dari perhatian para penodong.. Yah... Chi sih coba bersyukur aja dari segala kejadian.. :)

Kejadian ini ternyata juga menimbulkan rasa empatinya Keke..

Keke : "Bun, mulai hari ini Keke gak mau jajan deh. Keke mau nabung sampe uang Keke kekumpul 10 juta."
Bunda : "Banyak amat Ke.. Emang buat apa?"
Keke : "Om Adhi sama temennya kan abis di todong bun. Keke mau kasih uang tabungan Keke itu buat Om Adhi & temennya. Biar pada punya sepatu, HP sama uang lagi..."

Walo Chi gak yakin kalo Keke bener-bener bisa menahan rasa ingin jajannya (terbukti besoknya juga dia udah minta jajan lagi. Hehehe...). Tapi dengan timbulnya rasa empati itu dari diri dia sendiri, tanpa Chi yang minta-minta dia Chi anggap itu udah suatu langkah positif. Ya... mudah-mudahan aja ke depan gak cuma sekedar niat tapi dia juga udah jadi aksi...

Alhamdulillah masih bisa melihat hikmah & sisi positif dari segala cobaan :)post signature

18 komentar:

  1. Wahh... hebat yaa anaknya.... siapa dulu dong Uminya...

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah Adhi & temennya nggak diapa2in. Uang bisa dicari, klo nyawa?

    Keke pinter iiiiiiiiih....

    BalasHapus
  3. bener mba Chie, semua musibah itu pasti ada hikmahnya. dan Allah maha tahu segalanya.
    Alhamdulillah adiknya selamat ya... walaupun barang2 nya habis dibawa si maling semua...

    BalasHapus
  4. ALhamdulillah masih dlm linduanganNya ya chi, serem eman....
    MOga2 ga terjadi lagi...

    BalasHapus
  5. wah,... emang serem sih penjahat jaman sekarang gak pandang bulu gak punya rasa manusia :(

    BalasHapus
  6. Duh serem amat.. Alhamdulillah adiknya mbak selamat ya.. Aku sendiri waktu SMA juga pernah ditodong di angkot, alhamdulillah gak kenapa2 cuma kehilangan duit beberapa ribu karena ketawan sopirnya.
    Keke pinterr,pasti bundanya bangga deh kecil2 udah punya empati yang tinggi :)

    BalasHapus
  7. chi emang kejadiannya jam brp? udah malam ya? ihh serem banget sechh...

    aku juga dulu pernah ditodong di angkot, jam tangan pemberian kakakku lenyap.....dulu waktu kerja di kota, hampir setiap hari ada aja orang yang ditodong didalam angkot, smpe stress tiap berangkat dan pulang kerja....trus pernah juga dompetku dicopet di pasar baru

    malah waktu mau merried, aku sama calon suami pernah dipalak sama segerombolan preman, yang diambil uang 200rb, hape, kamera digital, 2 ipod

    mudah2an aku gak mengalami kejadian kayak gitu lagi, sereeemmmm, sampe rumah masih gemetaran

    BalasHapus
  8. wah, keke baik sekali...kecil2 udah punya keinginan nolong saudara.
    btw, soal penodongan memang menyebalkan. bahkan berpuluh tahun lalu adikku pernah ditodong dan dimintai sepatunya. padahal sepatunya bukan sepatu mahal. wkt itu sih blm ada hp. duit juga gak byk jadi dia minta sepatu adikku yg udah butut itu. sbg gantinya, dia kasih sandalnya ke adikku.

    hhh...keamanan negara ini mesti lebih diperhatikan aparat nih.

    BalasHapus
  9. yang penting niat nya mbak, udah dapet pahala hehehe

    BalasHapus
  10. wah, baca postingan mba chie aku jadi ngeri juga. Utung banget si om adhi selamet dsn ga luka badannya.

    bener-bener kudu berdoa di jalan, biar preman ga ada yang brani mendekat :)

    BalasHapus
  11. wah, semakin parah saja negeri ini.... penjahat bisa bebas berkeliaran. siapa korban berikut?

    BalasHapus
  12. eemmm...dunia semakin kejam yah...aq jg suka parno neh ama kejahatan2 skr. Miris bgt yah....untung masih selamat yah....untung gak diculik, trus disuruh ngemis2...huuu huuu.....

    wah kak Keke niatnya tulus bgt yah...plok...plok.....plok

    BalasHapus
  13. hahahaha....salut dech buat Keke...walau blom ada tindakan tapi pemikirannya dah bagus nich!!!
    Ntar klo ketemu Keke Tante mau memelas ach biar dikasihani...hehhheee

    walau ditodong masih syukur juga ya chi...fisik gak kena dan harta benda pun tdk amblas semua...

    BalasHapus
  14. Selalu ada hikmah di balik musibah ya mbak :)
    Alhamdulillah Adhi masih dilindungi olehNya.

    BalasHapus
  15. ya Allah, serem banget bun :( emang deh penjahat jaman sekarang nekat2..syukur ya pada gak kenapa2. tapi masih ada baeknya juga tuh preman, mo ngasih duit buat ongkos angkot heheh...

    kakak keke, salut! alhamdulillah ya bun, keke masih kecil tapi udah punya empati *two thumbs up* selamat bunda :)

    BalasHapus
  16. iiih serem deh, alhamdulillah gak kenapa2...
    Keke.. tabungannya udah 10 juta blom?? hehe

    BalasHapus
  17. Wah...Kak Keke rasa empatinya gede ya? . PAstinya nurun dari ayah bundanya tuh :-) .

    Alhamdulillah adiknya mbak Chie gak kenapa2. Kira2 8 th yl aku juga pernah ditodong di angkot di terminal PulGad. Alhamdulillah gak terluka apa2, cuma cincinku dipreteli. Semoga kita selalu berhati2.

    BalasHapus
  18. Sukurlah Adhi & temennya selamat.. ya ampunnn manusia macam si penjahat itu apa ya nyaman hidupnya??
    Two thumbs buat Keke !! :)

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge