Selasa, 07 April 2009

Belajar Itu Kewajiban atau Hak?

Seringkali kita mendengar keluhan para orang tua dimana putra atau putrinya itu susah sekali di suruh belajar. Chi pun pernah mengalami hal seperti it. Bahkan ketika masih sekolah Chi pun termasuk anak yang paling males di suruh belajar, termasuk ngerjain PR. Ughhh males banget deh!!!

Tapi setelah Chi pikir-pikir mungkin cara berpikir kita yang harus diganti. Mengubah cara berpikir bahwa belajar itu wajib menjadi belajar itu adalah hak! Kenapa begitu... karena sebagai manusia biasanya kita lebih semangat kalo menuntut hak daripada mengerjakan kewajiban :D

Gimana caranya supaya belajar itu bisa berubah jadi hak? Menurut Chi cara belajarnya harus dibikin sangat menarik & menyenangkan. Bikin kita selalu merasa ingin tahu..

Chi coba mengingat kembali waktu Chi masih jadi seorang siswa. Seperti yang Chi tulis di atas tadi Chi itu paling males disuruh belajar apalagi ngerjain PR. Pengennya pulang sekolah itu ya maen aja gak usah belajar-belajar lagi. Akhirnya seringkali Chi ngerjain PR mepet banget (kadang di sekolah) atau bikin contekan kalo tau bakalan ada ulangan. Tapi kenapa sekarang ini, setelah udah gak sekolah Chi kok kayak merasa haus sama yang namanya ilmu ya.. Selalu aja Chi berusaha meng-update perkembangan-perkembangan terbaru baik itu untuk urusan rumah, anak-anak, bahkan kejadian-kejadian di luar sana..

Bener-bener jadi pemikiran Chi banget deh... Akhirnya Chi pun ngambil kesimpulan (ya.. mudah-mudahan kesimpulan Chi gak salah), kayaknya dulu yang namanya belajar & PR itu sangat gak menarik. Kita hanya di suruh tapi rasa ingin tahu kita gak di gali.

Nah hal ini gak pengen Chi ulangin lagi ke Keke & Nai. Chi pengen mereka punya rasa ingin tahu yang besar. Chi pengen mereka berpikir belajar itu menyenangkan. Dan sepertinya perkiraan Chi benar. Kalo Chi memaksa mereka harus belajar begini-begitu. Harus seperti ini-itu. Pokoknya terlalu mengatur lah.. semangat mereka justru mengendor bahkan mungkin redup. Tapi ketika Chi membebaskan mereka.. justru seringkali mereka yang minta "bunda kita belajar yuk!!"

Nah kalo udah minta kayak gitu Chi berpendapat mereka sudah sampai tahap bahwa belajar itu hak bukan kewajiban.

Bahkan ketika mereka udah mulai minta, porsi yang bisa mereka lahap itu seringkali melebihi target Chi untuk meteri belajar anak-anak hari itu (Chi kadang suka kewalahan nyiapin materi mereka kalo mereka lagi 'kelaparan' untuk belajar). Alhamdulillah..
Jadi kalo sekarang Chi suka pusing mikirin belajar bukan pusing karena mereka susah diajak belajar tapi gimana caranya supaya semangat belajar mereka gak redup. Tetep semangat ya Nak!!

post signature

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge