Featured Post

Antara Kopi Hijau, Diet, dan Antioksidan

Chi pernah bercerita di blog kalau K’Aie adalah seorang pecinta kopi. Setelah bangun tidur, aktivitas yang pertama kali dilakukan adalah ...

Kamis, 30 April 2009

Jadi Siapa Yang Bohong Ya?

Semalem waktu kami bertiga lagi asik utek-utekan di kamar...

Bunda : "Aa', Adek, bunda mau ke wc dulu jangan pada berantem ya..."
Keke & Nai : "Iya bunda.."
Bunda : "Aa' jangan galak sama adeknya. Adek juga jangan suka usil ya.."
Keke & Nai : "Iya bunda...."

Mau ke wc aja kayak mau pergi jauh. Petuahnya panjang. Hehehe... Abis anak-anak kalo ditinggal berdua aja suka gak ketebak. Lagi akur bisa tiba-tiba aja terjadi perang dunia. Kalopun tenang tetep harus curiga. Kemungkinan besar sih akur, tapi bisa jadi ada sesuatu yang mereka kerjain..

Selama di wc dan setelah keluar dari wc, gak kedengeran ribut-ribut.. Kemungkinan besar aman.. Masuk kamar Keke lagi asik main mobil-mobilan bareng Nai. Hhhh... lega... ternyata kali ini anak-anak mau nurut. Tapi kok suhu kamar gak sedingin biasanya ya... Liat ke AC.. Oo.. ternyata ada yang matiin. Liat ke remote AC keliatannya ada yang abis mencet remote AC nih...

Rabu, 29 April 2009

Avanza Bukan Avansa

Keke lagi seneng-senengnya membaca. Semua tulisan yang dilihatnya di baca sama dia.

Keke : "Bun, ini ternyata bukan mobil avansa" (mobil punya abahnya Keke).
Bunda : "Ini mobil avansa Ke..."
Keke : "Bukan bun.. tapi avanza. Ini kan hurufnya z buka s, jadi dibacanya avanza. Kayaknya semuanya pada salah baca deh. Nanti Keke kasih tau deh.."

Dari situ Keke mulai kasih tau ke semua orang rumah. "Tinggal abah aja nih yang belom di kasih tau (abahnya udah berangkat kerja)".Hmmm... berarti udah gak bisa asal-asalan lagi ya kalo kasih tau kata-kata ke Keke.. :D

post signature

Emansipasi Wanita



Mumpung masih bulan April, masih berasa nuansa hari Kartininya mau nulis tentang emansipasi wanita ah...

Beberapa waktu yang lalu (udah agak lama sih, kalo gak salah sekitar bulan Desember) di Metro TV ada acara yang namanya Metro 10. Pada waktu itu ngebahas tentang 10 peringkat jenis pekerjaan yang paling diidam-idamkan oleh para wanita di jaman sekarang berdasarkan survey.

Chi udah gak inget jenis pekerjaan apa aja yang masuk 10 besar itu. Cuma peringkat 1 yang Chi inget, yaitu dokter sama peringkat ke-5, yaitu ibu rumah tangga. Menurut Metro TV hasil survey yang menempatkan posisi ibu rumah tangga diperingkat ke-5 itu cukup mengejutkan. Karena berada di posisi ke-5 berarti termasuk posisi yang sangat bagus apalagi mengingat kebanyakan perempuan di jaman sekarang lebih mementingkan untuk berkarir.

Seperti biasa di acara itu setiap peringkatnya suka ada komentatornya. Ada 2 orang yang mengomentari tentang pekerjaan ibu rumah tangga. Dua-duanya adalah orang yang udah terkenal sebagai aktivis wanita.

Senin, 27 April 2009

Ariel 'Peterpan' dan Luna Maya

"Gosip yang akhir-akhir ini santer beredar adalah Ariel 'Peterpan' & Luna Maya kabarnya sudah menikah secara diam-diam di Bali. Tapi kabar tersebut hingga saat ini masih dibantah obaik oleh Ariel maupun Luna"

Weits!! Udah berubah jadi blog gossip nih jangan-jangan.. Hehehe... tenang aja, belom berubah kok... blog ini masih bercerita tentang Keke & Nai. Trus hubungannya sama Ariel & Luna apa ya.. Ini dia ceritanya...

Ariel 'Peterpan'



Keke itu kalo urusan dandan kayaknya lebih gaya dari ayahnya. Ayahnya mah cuek. Cukup jeans (kadang pake celana pendek) + t-shirt sama sepatu kets kadang-kadang malah pake sendal (tergantung perginya kemana dulu) udah beres.

Tapi kalo Keke enggak. Sekarang dia lagi gak mau pake celana pendek, harus panjang. Kaos udah gak mau di pilihin lagi. Sama harus pake sepatu kemana-mana. Yang ngebedain lagi sama ayahnya adalah Keke harus selalu pake minyak/gel rambut. Trus rambutnya didiriin gitu. Cuma karena rambutnya Keke itu ikal jadi ya gak bisa pol berdirinya. Asal gondrong dikit udah ngeringkel. Hehehe...

Biasanya kalo udah gondrong Keke diajak ke salon (suka gak mau diem kalo di cukur di rumah..). Biasanya sih dia gampang diajakin kesalon. Cuma yang terakhir ini susah.. banget. Beberapa hari dibujuk gak mempan. Alasannya gak mau aja..

Bunda : "Ke, kenapa sih gak mau di potong rambutnya?"
Keke : "Ya gak mau aja..."
Bunda : "Bunda tau... Keke pasti pengen kayak Ariel ya?"
Keke : "Iya.." *Jawabnya sambil mesem-mesem*
Bunda : "Ya Keke gak mungkin lah bisa jadi Ariel, Keke mah bisanya jadi Giring 'Nidji'.."
Keke : "Kok gak bisa bun?"
Bunda : "Keke kan rambutnya ikal. Jadi kalo rambut Keke dibiarin panjang, Keke bukannya jadi kayak Ariel tapi malah kayak Giring. Emang Keke mau kayak Giring juga?"
Keke : "Gak mau ah kalo kayak Giring!!"
Bunda : "Kalo gitu dipotong dong.. Mau kan..?"

Ternyata ampuh juga taktik yang tadi.. Keke langsung minta ke salon saat itu juga karena gak mau punya rambut kayak Giring. Hehehe.. *maap ya Giring.. :D*

Luna Maya



Nah kalo sekarang giliran tentang Luna Maya.. eh Naima maksudnya :D Ceritanya Nai itu seneng... banget kalo dibilang cantik. Malah dia suka narsis sendiri bilang kalo Nai kan cantik. Hehehe...

Dia bakalan protes kalo dibilang jelek (ya iya lah siapa yang mau..). Jangankan dibilang jelek, waktu dibilang keren aja dia protes. Protesnya kayak gin.. "Ima cantik tau..!!! Kalo Ima lagi nyanyi balu Ima kelen!!"Hihihihi...

Waktu lagi asik main sama Nai, di TV ada berita tentang Luna Maya. Chi gak terlalu nyimak beritanya apa, karena lagi asik main. Tapi kedengeran kata-kata yang memuji kecantikan Luna Maya. Spontan Nai ngomong kayak gini...

Naima : "Bunda katanya TV Luna Maya cantik.."
Bunda : "Emang Luna Maya cantik.."
Naima : "Kok Luna Maya ikutan Ima sih cantik?"

Hehehehe... abis itu setiap ada Luna Maya di TV atau di majalah dia selalu bilang "Bunda.... ada Luna Maya!!! Cantik ya kayak Ima!!"

Kadang Chi suka godain Nai. "Cie... cie.. kayak Luna Maya nih..." Kadang Nai suka jadi malu & salah tingkah (bunda usil ya Nai. Hehehe...).

Hmmmm... Kira-kira Luna Maya sama Naima cantikan mana ya... Cantik Nai aja deh.. (jangan protes loh, kan namanya juga ibu-ibu. Pasti bangga lah sama anaknya sendiri. Hehehe...)
post signature

Jumat, 24 April 2009

Nai Apa Ima?

Baca komennya Mama Celia yang nulis "Nai kok manggil dirinya sendiri Ima?" bikin Chi pengen nulis postingan ini. Ya... sebetulnya udah lumayan lama sih pengen nulis, cuma lagi-lagi kebalap 'ma cerita yang lain.. Hehe...

Sebetulnya dari awal Chi pengennya manggil dia itu Nai. Tapi Nai gak pernah bisa bilang Nai. Pasti selalu bilangnya Neh bukan Nai. Kalo Chi ajarin bilang Naima dia bilangnya Ima. Begitu terus.. Lama-lama dia terbiasa memanggil dirinya Ima (tapi masih mending lah daripada Neh. Hehe...).

Sekarang sih dia udah mulai bisa bilang Nai atau Naima, tapi dianya sendiri udah terbisa bilang Ima. Ya terserah aja deh akhirnya. Keluarga juga jadi ikutan dia manggilnya Ima, makanya makin gak terbiasa aja dia memanggil dirinya Nai. Kayaknya tinggal Chi aja nih di keluarga yang manggil dia Nai.. Sama kalo ada yang tanya namanya Chi bilangnya Nai. Makanya di sekolah dia dipanggilnya Nai atau Naima.. Begitu ceritanya...

post signature

Rabu, 22 April 2009

Tidur Di Sekolah

Kemarin, waktu Chi jemput Nai...

"Bunda.. tadi Ima di kelas tidul. Tidulnya cama Mickey.."

Waktu Chi denger laporan Nai, Chi pikir dia tadi cuma tidur-tiduran aja di kelas. Pas Chi baca buku rapor hariannya, di bagian paling bawah (catatan dari guru) tertulis "Bunda, tadi Nai tidur di kelas jadi tidak dapat mengikuti sebagian kegiatan."

Chi liat lagi ke bagian atas, ternyata dari beberapa kegiatan cuma 2 kegitan yaitu do'a sebelum belajar sama belajar menarik garis lengkung yang dia ikutin. Selebihnya tertulis tidak aktif. Penasaran, Chi langsung tanya aja ke gurunya.. Nai itu bener-bener tidur apa cuma tidur-tiduran karena ngambek atau mogok belajar aja...

Gak taunya Nai bener-bener tidur. Awalnya dia ngeluh capek. Trus sama bu Fika, Nai disuruh tiduran sambil dipijit-pijit kakinya. Waktu bu Fika mau udahan mijitnya, Nai malah protes minta terus dipijitan. Ya udah dipijitin lagi. Tapi kok lama-lama dia keliatan ngantuk, trus tidur deh. Hehehe...

Selasa, 21 April 2009

Boneka-Bonekanya Nai



Gak kayak Keke yang dari kecil udah ketauan mainan kesukaannya yaitu mobil. Kalo Nai agak-agak susah. Di beliin mainan apapun gak pernah bertahan lama dia mainin. Tapi sekarang dia udah keliatan suka 'ma mainan tertentu sih, yaitu boneka.

Sekarang Chi suka mergokin dia asik 'play pretend' sendiri, tapi kadang ngajak-ngajak juga. Dari beberapa boneka yang ada di rumah ada 3 boneka yang selalu dia mainin, yaitu boneka Curious George, Elmo (boneka george & elmo liat di foto), sama boneka beruang warna coklat. Chi lupa foto boneka beruang ini, tapi gambaran kira-kira mirip seperti boneka beruang coklatnya mr. Bean. Ukurannya juga kecil, kayak bonekanya mr. Bean.

3 boneka ini yang paling sering dia mainin. Paling sering di bawa ke sekolah, jalan-jalan atau tidur. Lucunya walopun ke sayangan tiap kali mau di bawa ke sekolah, jalan-jalan atau tidur dia cuma mau milih salah satu aja. Bergilir ceritanya biar adil. Hehehe...

post signature

Senin, 20 April 2009

Di Todong Dan Rasa Empati

1 minggu yang lalu adik Chi yang paling kecil, namanya Adhi, diminta sekolahnya untuk ikut olimpiade sains antar SMU. Perlombaanya diadain di salah satu SMU negeri di daerah Rawamangun (lupa nama SMUnya).

Sore harinya Adhi & 1 orang teman sekolahnya yang ikut olimpiade juga pulang ke rumah dengan naik taxi. Kami yang ada di rumah agak heran juga kok tumben-tumbenan naik taxi. Ternyata setelah mendengar cerita dari mereka, mereka berdua baru aja di todong.

Aksi penodongan terjadi ketika mereka sedang nunggu angkot di terminal Rawamangun. Tiba-tiba aja mereka di datengin sama 1 orang laki-laki yang kelihatannya mabok. Pemabok ini mau malakin uangnya Adhi sama temennya. Awalnya mereka nolak, tapi gak lama kemudian datang lagi 1 orang preman sambil nunjukin 1 buah golok dari balik jaketnya trus minta Adhi sama temennya untuk ngikutin mereka.

Kamis, 16 April 2009

Keke Ada Di Tabloid Nakita Terbaru


Awalnya tanggal 4 Maret lalu ada e-mail masuk dari seseorang bernama mbak Yanti nanyain Keke & Nai sekolah dimana karena katanya mbak Yanti ini lagi memuat suatu penulisan tentang pentingnya permainan tradisional dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah agar tak tergerus jaman.

Mbak Yanti merasa kesulitan mencari sekolah mana saja yang masih menyadari & menerapkan pentingnya permainan tradisional di sekolah (baik itu berupa selingan olahraga atau masuk ke ekskul). Kebetulan mbak Yanti liat blog Chi yang nyeritain tentang traditional game fair di Al-Alaq. Menanyakan alamat & nomer telepon sekolah anak-anak (minta nomer telepon rumah juga), lalu minta kesediaan Keke untuk di wawancara sedikit. Abis wawancara mbak Yanti juga minta fotonya Keke, dikirim lewat e-mail. Mbak Yanti juga minta ijin untuk mengambil beberapa kalimat di blog Chi untuk tulisannya. Silahkan aja mbak, Chi gak keberatan :) Chi sempet tanya emang untuk majalah atau tabloid apa? Kata mbak Yanti untuk di tabloid Nakita. Ya sud deh, Chi minta di kasih tau aja kalo udah terbit.

Senin kemaren mbak Yanti sms kalo nakita terbaru yang ada Kekenya udah terbit. Sebenernya sih katanya nanti dapet juga dari Nakita, tapi udah gak sabaran nih pengen liat langsung. jadi langsung beli deh...

Reaksi Keke ternyata bertolak belakang sama bundanya. Kalo bundanya kesenengan, kalo Keke kayak yang malu gitu. Dia malah pengen ngerobek-robek tuh tabloid. Makanya itu tabloid Chi simpen hati-hati jangan sampe ketauan Keke. Hehehehe.....Sifat pemalunya Keke lagi dateng nih kayaknya.. :D Padahal gak apa-apa loh Ke... Hehehe...

Dibawah ini foto Keke yang Chi kasih ke tabloid Nakita. Cuma pas di tabloidnya di cropping :D



post signature

Kamis, 09 April 2009

Cari Sekolah..

Tadinya postingan ini berisi tentang sekolah yang akhirnya jadi pilihan kami. Tapi karena ada beberapa alasan yang bikin kami jadi gak sreg dengan seklah itu, jadi y kami hapus postingannya :)

post signature

Membaca Itu Bisa Atau Biasa?

Seringkali kita mendengar pertanyaan dari para orang tua baik itu melalu obrolan sesama keluarga, teman, baca lewat milis, internet atau melalu media lain seperti televisi, majalah, dll tentang "Usia berapakah yang paling tepat untuk mengajarkan anak membaca?"

Kalo dari bebrapa info yang Chi dapet sie ada yang bilang katanya dari lahir seorang bayi sudah bisa diajak untuk belajar membaca. Tapi ada juga yang bilang sebaiknya sebaiknya anak di ajarkan membaca ketika menginjak usia SD, sekitar 6-7 tahun.

Metode belajar membaca pun macam-macam. Ada metode yang sekarang ini sedang terkenal yaitu metode Glenn Doman, atau metode lainnya. Chi sendiri seperti yang pernah di tulis di postingan-postingan sebelumnya tidak menganut metode tertentu, bener-bener metode suka-suka..

Rabu, 08 April 2009

Pembentukan Karakter

"Chi, semalem Aie liat TV yang ngebahas tentang pentingnya pembentukan karakter anak sejak kecil. Emang bener juga sie.. sebaiknya karakter dulu diutamain, kalo masalah akademis itu bisa di kejar lah.."

Sebetulnya gak cuma sekali itu kami membicarakan tentang perkembangan anak. Seringkali bahkan. Termasuk dalam hal membentuk karakter, gak cuma setelah nonton TV itu aja kami baru terpikir bahwa membentuk karakter itu sangat penting.

Pembentukan karakter sejak dini memang sangat penting menurut kami. Kenapa sejak dini? Karena ketika dia semakin besar dia mulai mencari-cari dari lingkungan luar. Kalo dari dalamnya (keluarga) dia tidak mendapat ajaran "nilai-nilai" yang kuat maka jangan heran kalo mereka akan mudah terombang-ambing oleh lingkungan luar. Dan ketika kita sebagai orang tua mulai sadar, lalu berusaha merubah karakter anak pasti akan lebih sulit karena dari karakter mereka sudah terbentuk oleh dunia luar.

Cari Sekolah... (Bagian 2 - Sekolah Alam Cikeas)

Jenis sekolah yang pertama kali teringat sama Chi adalah sekolah alam. Chi pikir sekolah alam ini adalah sekolah yang paling masuk sama kriteria-kriteria yang Chi udah tentuin sebelumnya.

Sekolah alam keliatannya menyenangkan. Karena sistem belajarnya yang "learning by doing", anak-anak gak banyak di cekokin sama teori. Dengan kata lain anak di biarkan belajar aktif. Belum lagi metode sekolah ini yang mendekatkan para siswanya kepada alam, kayaknya asik aja..

Tapi kalo masalah alam sie tanpa mereka sekolah alam, Chi cukup yakin kalo anak-anak akan cinta dengan alam. Lah ayahnya aja "orang gunung (pecinta alam maksudnya)". Kerjanya aja di kantor yang berurusan 'ma outbond-outbond gitu. Masa' sih kecintaan ayah sama alam gak nurun ke anak-anaknya..

Intinya kalo anak-anak sekolah di sekolah alam rasanya akan nyenengin banget buat mereka. Cuma masalahnya dimana sekolah alam yang deket sama rumah. Karena syarat Chi yang nomer 1 itu kan sekolah harus deket sama rumah..

Mulailah Chi hunting-hunting sekolah alam (kali aja nemu yang deket). Sekalian ajak anak-anak juga, karena mereka pun harus ikut ngambil keputusan (terutama Keke karena yang bentar lagi SD kan dia). Ada 3 sekolah alam yang kami datengin..

Selasa, 07 April 2009

Cari Sekolah.. (Bagian 1 - Kriteria Milih Sekolah)

Mungkin Chi termasuk ibu-ibu yang parno ya, Keke masih TK A aja Chi udah cari SD dari sekarang. Tapi kalo boleh bela diri nih... Chi cuma gak suka aja grasa-grusu pas waktunya cari sekolah nanti. Apalagi kalo urusan cari sekolah Chi termasuk yang serius banget, gak mau cuma ikut-ikutan apa kata orang banyak (gak terlalu berlaku deh nama sekolah terkenal buat kami). Menurut orang banyak bagus, buat kami belom tentu. Harus diliat dulu. Makanya Chi milih sekolah dari jauh-jauh hari. Lagian tahun ajaran depan kan Keke udah TK B. Berarti sekitar 1 tahun lagi Keke udah SD. Ini beberapa kriteria Chi & Kak Aie dalam milih sekolah..

Belajar Itu Kewajiban atau Hak?

Seringkali kita mendengar keluhan para orang tua dimana putra atau putrinya itu susah sekali di suruh belajar. Chi pun pernah mengalami hal seperti it. Bahkan ketika masih sekolah Chi pun termasuk anak yang paling males di suruh belajar, termasuk ngerjain PR. Ughhh males banget deh!!!

Tapi setelah Chi pikir-pikir mungkin cara berpikir kita yang harus diganti. Mengubah cara berpikir bahwa belajar itu wajib menjadi belajar itu adalah hak! Kenapa begitu... karena sebagai manusia biasanya kita lebih semangat kalo menuntut hak daripada mengerjakan kewajiban :D

Gimana caranya supaya belajar itu bisa berubah jadi hak? Menurut Chi cara belajarnya harus dibikin sangat menarik dan menyenangkan. Bikin kita selalu merasa ingin tahu..

Sabtu, 04 April 2009

Pemilu 9 April... Gak Akan Nyoblos!!!

9 April besok kita semua akan ada Pemilu. Chi udah memastikan & yakin 1000% kalo Chi gak akan nyoblos pada hari itu. Ya iya lah.. kan di suruhnya nyontreng.. Jadi Chi pasti akan nyontreng. Hehehe...

Pemilu & anak-anak
Disini Chi gak akan bahas tentang para simpatisan pemilu yang suka bawa anak-anak. Chi cuma mau cerita tentang Keke & Nai aja yang ternyata ikutan kena 'demam' pemilu.

Rabu, 01 April 2009

Baca Deket-Deket Dan Hobby Nai

Sekarang kalo lagi nonton tv yang ada teksnya Keke suka deket-deket nontonnya. Alhamdulillah gak ada masalah apa-apa dengan matanya Keke. Cuma aja dia sekarang ini lagi coba belajar untuk membaca teks yang ada di tv.

Namanya juga lagi belajar baca, jadi mungkin kalo agak jauh dia akan kesulitan. Udah deket-deket aja pasti gak tuntas bacanya karena keburu ganti teks lagi. Hehe... Chi juga gak melarang untuk nonton tv sedikit dekat, karena tujuannya dia deket-deket kan karena lagi belajar baca. Nanti kalo udah mulai lancar Chi akan minta dia untuk sedikit-sedikit menjauh nontonnya.

April Mop?


Ayah happy b'day ya.. Semoga ayah panjang umur, tetep diberi kesehatan, keselamatan, diberi kelimpahan rejeki yang barokah, diberi segala kemudahan di setiap langkah ayah dan yang paling penting tetep sayang sama istri & anak-anak. Pokoknya yang terbaik kami do'ain buat ayah.. Amin...

Alhamdulillah Chi sangat bersyukur punya suami seperti Kak Aie ini. Suami yang bener-bener peduli sama anak & keluarga. Padahal Chi suka sebel karena Kak Aie ini kayaknya pelit banget sama yang namanya ungkapan sayang atau cinta (jadi sempet meragukan cintanya ayah. Hehehe...). Tapi setelah dipikir-pikir & ngobrol, ayah emang tipe orang yang suka canggung kalo mengungkapkan kata-kata cinta termasuk sama istri sendiri. Tapi ayah lebih bisa mengungkapkan cintanya melalui perbuatan.

Ayah gak cuma suami yang cuma mau cari uang aja buat istri & anak. Tapi juga mau terjun urusan rumah tangga. Kalo di rumah ada yang perlu di perbaikin, ayah siap turun tangan (laki-laki jaman sekarang banyak juga loh yang gak ngerti apa-apa. Maunya langsung panggil teknisi atau orang yang lebih ahli aja). Masak ayah juga jago (kadang lebih enakan masakan ayah daripada Chi. Hehe..). Mau bantuin beres-beresin rumah, kayak nyapu, ngepel, dll.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge