Senin, 16 Maret 2009

Keola Sakima

Mumpung Keke baru aja ulang tahun & Chi belom pernah nulis arti nama Keola Sakima di blog ini (emang ada hubungannya ya..). Jadi sekarang Chi ceritain aja deh arti nama Keola Sakima...

Sebelum ceritain tentang artinya, Chi mau cerita kalo nama Keola itu bisa dibilang kepengen Chi banget kasih nama itu. Kalo naksir sie istilahnya love at fisrt sight lah. Hehehe... Gara-garanya waktu jaman Chi kuliah 9catet ya.. masih kuliah loh, belom nikah..). Chi nonton acara kuis anak di indosiar namanya celoteh anak. Masih ada yang inget kuis itu gak? Itu loh yang di pandu sama Hughes..

Waktu kuis celoteh anak edisi ulang tahunnya UNICEF. Jadi anak-anak peserta disitu adalah anak-anak ekspatriat. Dari 9 peserta anak, ada 2 anak kembar laki-laki asal Amerika namanya Keola & Kekoa. Gak tau kenapa ya, Chi langsung jatuh hati aja sama 2 nama itu. Dari situ mulai deh Chi bermimpi kalo punya anak laki-laki namanya harus ada Keola atau Kekoa. Syukur-syukur kalo bisa kembar (hahahha... tapi gak punya gen kembar.. :D).

Makanya begitu hamil anak pertama, Chi langsung ngasih syarat utama ke kak Aie kalo namanya itu harus ada nama Keola atau Kekoa. Nama belakang atau depannya terserah bisa didiskusiin bersama. tapi untuk 2 nama itu udah tanpa kompromi dah. Pokoknya harus ada. Hehehehe....

Ternyata emang dari sananya gak punya gen kembar kali ya.. Allah hanya memberikan kami 1 orang anak untuk hamil pertama (hamil kedua juga sih... hehe...). Jadi harus milih deh, Keola atau Kekoa ya enaknya... Hmmm... sempet bingung juga sie harus milih yang mana..

Syarat-syarat lainnya..

Selain syarat wajib yang tadi, kami berdua juga punya syarat lain dalam memberi nama anak..

Pertama, jangan kepanjangan. Tadinya sih Chi terserah aja mau panjang, mau pendek. Lah nama Chi aja panjang (tapi nama Ayah cukup singkat. Hihihi...). Cuma kata ayah buat apa panjang-panjang nanti juga dipanggilnya sepotong-sepotong. Pikir-pikir bener juga sie... Yang penting punya 1 nama depan dan 1 nama belakang. Udah cukup.

Kedua, jangan ada unsur huruf F, V sama Z. Sebenernya banyak nama-nama yang bagus ya dari huruf-huruf itu. Tapi karena kami berdua berasal dari keluarga sunda (kalo orang sunda pasti ngerti kenapa. Hahahahah...) Kalo Kak Arie sie masih ada darah Palembang dari mamahnya. Tapi Chi asli sunda.. Hehehe...

Ketiga, harus unik. Mungkin keliatannya kami termasuk pengikut gaya orang-orang jaman sekarang kasih nama anak itu pada aneh & unik-unik, udah gak keliatan bau-bau Indonesianya. Sebenernya sie bukan gak mau pake nama-nama Indonesia. Dari negara mana aja oke kok buat kami, termasuk nama dari negara sendiri. Cuma kami mencari yang unik aja. Unik disini lebih kami artikan seperti ngeklik. Pokoknya itu nama harus klik di hati. Nama bagus sie banyak, tapi gak banyak yang bikin kami hati kami ngeklik. Nah ngeklik yang kayak gimana itu yang rada susah di jelasin...

Keempat, ucapan dan tulisan harus sama. Terutama untuk lidah orang Indonesia ya.. Walopun cari nama yang unik, kami juga sangat menghindari nama yang nulisnya aja udah susah gimana bacanya. Pokoknya nama-nama kayak gitu di hindarin banget deh. Ya... jangan sampe banyak yang salah ucap hanya karena tulisan & pengucapannya beda untuk orang kita.. :)

Banyak ya syaratnya.. Tapi ya gitu deh menurut kami sie penting bikin syarat. O'ya mengenai istilah nama adalah do'a, kami percaya kok.. Cuma menurut kami selama arti nama itu baik ya gak apa-apa bikin nama yang singkat. Do'a yang lainnya kan bisa dengan cara lain.. :)

Arti nama Keola Sakima

Pemenang antara Keola & Kekoa akhirnya jatuh ke Keola. Gak nemuin pasangan yang sreg untuk nama Kekoa..

Banyak yang nyangka kalo kami itu penggemar segala sesuatu yang keJepang-Jepangan karena liat nama Keola Sakima. Padahal Keola sakima itu dua-duanya berasal dari bahasa Hawaii. Hehehe...

Keola artinya kehidupan. Sakima artinya raja. Kalo di artiin singkat berarti raja kehidupan atau kehidupan raja ya.. Tapi Chi sendiri lebih suka mengartikannya sebagai pemimpin di kehidupan..

Emang sie raja itu juga seorang pemimpin. Tapi kalo menurut Chi yang namanya raja itu kesannya seperti orang yang berkuasa terhadap rakyat kecil. Waloppun banyak raja berkuasa yang baik & bijaksana. Tapi arti pemimpin rasanya lebih bijaksana menurut Chi..

Pemimpin itu gak harus berarti memimpin rakyat banyak. Tapi dengan dia mempunyai jiwa pemimpin, mampu memimpin dirinya sendiri untuk tidak terjebak ke dalam hal-hal yang negatif, Chi pikir dia sudah mempunyai jiwa pemimpin yang baik. Apalagi sebagai laki-laki kelak Keke juga akan menjadi pemimpin keluarga. Insya Allah dia juga bisa pemimpin keluarga yang baik.. Amin..

Makanya Chi lebih suka mengartikannya sebagai pemimpin. Chi berharap Keke akan menjadi seorang pemimpin di kehidupannya dia sendiri. Pemimpin yang baik tentunya. Syukur-syukur kalo bisa menjadi pemimpin besar. Memimpin orang banyak ya Ke. Amin...

Bagaimana dengan arti nama Nai? Kalo untuk Nai nanti aja deh Chi ceritanya.. Bulan Mei pas Nai ulang tahun.. Hehe...

post signature

19 komentar:

  1. happy b'day Keke ... smoga panjang umur & jadi anak yg sholeh ... tambah pinter ...

    BalasHapus
  2. hihihi...ga boleh huruf F,V, en Z ya mba Chi. Jadi susah dunk manggil Fadly:D

    Nama yang berarti baik udah pasti jadi doa ya mba. Aku juga pengennya pas punya anak (dulu waktu hamil) kalo laki2 = Fathir. Kalo perempuan = ***(dirahasiain dulu.....wat stock).
    Nenek ku malahan protes karena Fathir itu artinya berat banget....Fathir itu artinya kejadian ketika Allah menciptakan bumi dan langit. Tapi aku cuek aja..insya Allah doa yang baik selalu menyertai Fadly.

    Fathir Fadillah Fauzi (Fadly)
    Kejadian yang penuh dengan kemenangan dan kemuliaan. Fadly sendiri = nama aku + suami/karunia.

    Nah mba Chi...bisa ga nyebutin nama lengkap Fadly dengan benar wekekekeke

    BalasHapus
  3. ooooh akhirnya tau juga arti nama Keola Sakima hehehehe..penasaran juga siy, namanya emang unik. Artinya juga bagus yah. Emang siy klo ngasi nama anak susah2 gampang yah. Ada ide gag buat nama adeknya Azka hehehee...

    BalasHapus
  4. Alasan yang bijaksana, buat apa panjang2 kalau nanti manggilnya juga sepotong2. Anak saya juga cukup dua kata, dengan tiap kata nggak lebih dari 3 suku kata.

    BalasHapus
  5. Oh si teteh teh urang sunda nya? Teh bekasi na mana?

    BalasHapus
  6. bagus banget namanya. bunyinya dan artinya juga.
    dan yang pasti emang unik banget.

    selamat ulang tahun ya Keola. Semoga mejadi pemimpin besar dan hebat!

    amin...

    BalasHapus
  7. bagus banget artinya... jeng..
    but, ngomong2 tentang nama yg panjang.. di keluarga kami si Dara adalah pemecah rekor. Panjang abis...5 kata.
    Dara Nasywa Fathya Afiqah Akmal, ujung2 nya cuman dipanggil Dara doang hehehehe

    BalasHapus
  8. Nama adalah do'a... keola sakima juga nama yang indah dan punya arti yang bagus... tp jd penasaran nih.. knp ya namanya gak boleh awalan huruf F, V, and Z...?

    BalasHapus
  9. Keola Sakima..bagus & simpel yah..^_^
    jadi tau juga nih artinya..

    BalasHapus
  10. semua putrinya kelak menjadi pemimpin dunia beneran, sesuai dengan namanya, amin...

    BalasHapus
  11. @Mama Sasha - Orang sunda kalo huruf F, V suka dibacanya P. Z jadi J. Walo gak semua orang sunda loh.. Hehehe... Contohnya nama Reza, dipanggilnya Reja. Nama Farrel dipanggilnya parrel. Hehehe...

    BalasHapus
  12. wah.. ternyata story nama keola panjang juga ya..

    BalasHapus
  13. panjang jg neh syarat kasih namanya.... emang enak pendek yak, kalo ngitemin nama giliran umptn ga lama, hehehe....

    BalasHapus
  14. edua, jangan ada unsur huruf F, V sama Z. Sebenernya banyak nama-nama yang bagus ya dari huruf-huruf itu. Tapi karena kami berdua berasal dari keluarga sunda (kalo orang sunda pasti ngerti kenapa. Hahahahah...) Kalo Kak Arie sie masih ada darah Palembang dari mamahnya. Tapi Chi asli sunda.. Hehehe...

    bener tuh. akupernah punya guru fisika, gak bisa sebut namaku dg benar. dia panggil aku Panni. untung gak jadi Pannu.

    BalasHapus
  15. nama keke kayak nama jepang yah hehe:) ntar pinternya kayak orang jepang ya ke hehe:)

    buat sebuah nama ceritanya panjang juga ya bunda chie hihi;)

    BalasHapus
  16. hehehe... untung gak dikasih nama Kekoa. Nah... kalo nama itu bisa2 temen2nya kasih sebutan Kecoa hehehe... piisss... mbak... :D

    BalasHapus
  17. Happy b'day ya Ke, moga panjang umur and always be happy...:)

    Mom, aduh emang bener nama & artinya bagus banget...jadi pengen tahu nih arti namanya Nai

    Oh gt toh alasannya orang sunda gak boleh pake nama awalan huruf F, V dan Z, hihihi....:)

    BalasHapus
  18. Sip sip.. keren banget nama dan artinya :)
    Ikut mengamini doa Bunda buat Keke..

    Aku nyengir soal F, V dan Z :D

    BalasHapus
  19. Keke memang nama yg unik bunda,emang sih rada penasaran waktu pertama dengar nama itu...aq pikir keola nama anak pr ternyata bkn hehehe... peace bunda!!!! dan lg2 trnyt artinya dalem y bun... ditunggu cerita nai y bun.... penasaran nich....

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge