Jarimatika

By Keke Naima - March 18, 2009

Jarimatika - Sebelumnya mau cerita.. Temen Chi cerita kalo sejak sekolah anaknya jadi susah di ajak belajar sama dia, terutama dalam belajar membaca. Dia mengajarkan anaknya membaca dengan cara mengeja, sementara gurunya mengajarkan membaca dengan metode suku kata. Sejak di ajarin sama gurunya, si anak gak mau lagi di ajarin dengan cara ibunya.

Kata temen Chi sekarang anaknya lebih nurut sama ibu guru. Temen Chi pun menyerah. Lebih memilih urusan belajar ke gurunya (dengan kata lain jadi tanggung jawab ibu guru seluruhnya..).

Cerita kedua, dari Jakarta menuju Bandung banyak rute yang bisa kita pilih. Bisa lewat Cipularang, Jalan Cikampek yang lama, Puncak, Sukabumi, atau mungkin ada rute lain yang Chi belom tau. Chi sendiri lebih milih rute tol Cipularang. Jarak tempuh lebih pendek (jadi lebih cepet sampe), jarang kena macet. Beda sama temen Chi yang lain. Dia lebih milih jalur puncak. Alasannya walaupun lebih jauh & macet, tapi dia bisa lebih menikmati perjalanan. Bisa berwisata kuliner di puncak, udaranya pun lebih sejuk. Gak ada yang salah dengan pilihan kami berdua. Semua pilihan ada plus-minusnya. Tapi tujuannya tetep sama kan, sama-sama menuju Bandung.

Terus apa hubungannya kedua cerita diatas dengan judul postingan? Tentu aja ada.. Jadi ceritanya awal tahun kemaren chi ngalamin kejadian yang mirip-mirip pengalaman temen chi yang pertama. Keke gak mau diajarin lagi 'ma Chi. Cuma bedanya untuk kasus Chi dalam hal pelajaran berhitung..

Alhamdulillah Keke udah lumayan lancar belajar berhitung (tambah-tambahan). Bahkan sebelum sekolahnya ngajarin. Cara Chi ngajarinnya adalah simpan angka pertama di mulut, lalu angka kedua di jari. Contohnya gini.. 5+2=.... Nah Chi ajarin Keke untuk simpan anagka 5 dimulut. Angka 2 di jari. Nanti dia tinggal ngitung angka di jari. Mulai ngitungnya dari angka 6 karena yang 5 kan udah di mulut. Alhamdulillah sih Keke udah lancar, jadi Chi tinggal ngulang-ngulang aja..

Nah ternyata di sekolahnya diajarin berhitungnya beda. Pake metode jarimatika gitu. Waktu Chi ajak untuk ngulang pelajaran berhitung, dia gak mau pake cara Chi. Awalnya Chi sempet kaget, ngebujuk dia untuk pake cara Chi aja. Paling gak kalo di rumah pake cara Chi, tapi di sekolah caranya bu guru. Tapi Keke tetep gak. dia bener-bener menolak keras. Ya.. sedikit terjadi ngotot-ngototan sih.. Maklum deh sama-sama keras kepala dua-duanya. Hehehe...

Sempet terpikir untuk bersikap seperti temen Chi yang pertama. Lebih baik menyerahkan saja masalah akademis sepenuhnya ke guru. Apalagi selama ini kan Keke gak nemuin masalah dalam hal akademis. Lagian percuma juga, anaknya gak mau di ajarin 'ma bundanya.. Dan Chi sempet sesaat menikmati masa-masa itu. Gak ngasih dia pelajaran. Paling cuma tanya ke Keke & gurunya setiap hari gimana pelajarannya hari itu. Alhamdulillah laporan dari gurunya selalu memuaskan ya.. Trus Chi juga gak pusing mikirin hari ini belajar apa ya?

Cuma kok lama-lama Chi berasa ada yang ilang. Kayaknya gak nyaman aja buat Chi menyerahkan semua kegiatan akademis ke guru.. Mungkin karena sebelumnya terbiasa ikut terjun langsung kali ya.. Gak tau juga sie tapi berasa ada aja yang ilang gitu..

Chi mulai mikir, apa sebaiknya Chi mulai 'merubah rute' ya? Mulai ikutan belajar jarimatika. Tapi gimana caranya? Bener-bener blank sama jarimatika. Tanya ke Keke sih dia suka ngajarin, tapi bener gak sie yang dia ajarin itu.. Sementara dia juga kan baru belajar. Browsing lewat inet, bingung juga.. Harus mulai dari mana? Jangan-jangan ada banyak metode jarimatika lagi.. Mau nanya ke gurunya kok rada-rada malu ya.. Biarpun hampir setiap hari Chi berusaha menjalin komunikasi dengan gurunya Keke tapi kok agak-agak malu kalo harus belajar sama gurunya Keke....

Satu hal lagi kayaknya Chi rada males kalo harus belajar lagi. Kalo Chi harus ngajarin Keke pake jarimatika berarti kan Chi juga harus belajar dari nol. Karena Chi bener-bener gak ngerti dengan jarimatika. Duh!!

Gak cuma sekali - dua kali Chi mikir. Chi juga diskusi juga sama Kak Aie. Keputusan kami akhirnya sebaiknya Chi tanya ke gurunya Keke dulu.

2 hari yang lalu Chi mulai tanya-tanya. Minta di ajarin sama gurunya Keke. Ceritanya kursus kilat gitu deh. Hehehe... Abis itu mulai browsing lewat internet seperti apa jarimatika itu. Mungkin Insya Allah kalo ke toko buku kami juga akan cari buku tentang jarimatika.

Kemarin Chi mulai praktekin ke Keke. Hasilnya ternyata luar biasa.. semua menang, semua senang... Gimana gak senang coba, sekarang Chi bisa ngajak Keke untuk belajar bersama-sama lagi. Rasa kehilangan Chi karena Keke sempet nolak di ajarin sekarang udah gak lagi. Gak perlu ribut 'ma anak lagi. Aman, damai, happy.. Yippie...!!!

Keke pun merasa senang.. Kalo Chi pikir mungkin Keke senang karena dia merasa pilihannya di hargai oleh bundanya. Pilihan Keke adalah memilih cara jarimatika daripada cara yang diajarin bundanya untuk saat ini. Ya emang sih kalo dipikir-pikir gak ada yang salah juga dengan jarimatika. Toh mau pake cara apapun tujuannya tetep sama, Keke bisa lancar berhitung...

Hubungannya dengan cerita ke dua adalah, walopun Chi udah nyaman lewat tol Cipularang rasanya sesekali gak apa-apa juga kalo harus lewat Puncak. Memang sie lebih lama & banyak nemuin macet, tapi di nikmati aja perjalanannya.. Kalo cape ya brenti, nikmati suasana alam sekaligus wisata kuliner.

Nah begitu juga dengan jarimatika, walopun Chi rada males karena harus belajar dari awal tapi ya dinikmatin aja. 'Perjalanannya' kan berdua sama Keke ini... malah enak kan belajar bersama-sama.. Pusing sama-sama. Bisa juga sama-sama.. Malah tambah 1 penumpang lagi tuh.. Ayah ikutan juga belajar jarimatika. Jadi sama-sama merasakan suka-duka. Taelah... Hehehe...

Yuk belajar jarimatika :D

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^