Sabtu, 14 Maret 2009

Cara Bunda Punya Anak?

Banyak orang yang bilang katanya kita sebaiknya tidah menabukan yang namanya sex education ke anak kita. Daripada si anak mencari-cari sendiri jawabannya di luar sana & ternyata salah jadi seaiknya kita sebagai orang tua menjelaskannya secara benar. Chi sih setuju dengan pendapat itu. Daripada anak kita nantinya salah jalan kan, lebih baik dia mendapatkan pendidikan tentang sex itu dari orang tua sendiri.

Tapi gimana kalo seorang anak berumur 5 tahu tanya gimana caranya bunda bisa punya bayi di perut? Reaksi pertama adalah kaget (gak nyangka bakalan dapet pertanyaan seperti itu. Masih kecil aja kan anaknya..). Kemudian berpikir keras (mencoba cari jawaban yang tepat. Tau sendiri deh anak seumuran Keke lagi besar rasa pengen taunya. Dikasih jawaban sekali, tanya lagi, tanya lagi...). Kalo gak bisa juga.. silahkan lemparkan pertanyaan itu ke orang lain. Hehehe....

Itu yang Chi alamin baru-baru ini.. Kaget trus bingung banget harus jawabnya gimana...

Bunda : "Ya.. yang kasih adek bayi itu kan Allah Ke.."
Keke : "Iya tapi gimana caranya Allah bisa kasih ke perut bunda?"
Bunda : "Hmmm... gimana ya..?" *Duh bingung banget jawab!!*
Keke : "Emang Allah dateng gitu ke Bunda?"
Bunda : "Ya.. enggak gitu juga sih.. Tapi nanti Keke baru tau kalo Keke udah gede"
Keke : "Kenapa harus nunggu Keke gede sih. Emang kenapa Keke gak boleh tau sekarang?!!" *mulai protes nih Keke..*
Bunda : "Gimana ya.. Pokoknya nanti Keke akan lebih ngerti kalo Keke udah gede"
Keke : "Iya tapi kenapa bunda?"
Bunda : "Kayaknya Keke mending tanya ke ayah aja deh. Ayah biasanya lebih tau tuh jawabannya"

Chi mulai menyerah nih ceritanya. Hehehehe.... Gak lama ayah pun masuk ke kamar.. Keke pun langsung memberikan pertanyaan yang sama. Reaksi pertama ayah adalah.. bengong & kaget. Hehehehe... Sama aja yah ternyata.. Kemudian mulai bingung & garuk-garuk kepala. Hihihi...

Chi sih tadinya berusaha cuek, ceritanya ja'im... Tapi lama-lama gak kuat aja liat ekspresi ayah yang kayaknya bingung jawabnya (garuk-garuk kepala terus). Ketawa ngakak deh Chi. Hehehehe...

Ayah : "Jadi gini Ke.. Di perut bunda itu kan ada satu titik kecil. Nah nanti lama-lama titiknya itu besar. Trus keluar mata, tangan, kaki, sampe akhirnya jadi bayi deh.."
Keke : "Trus caranya titik itu bisa besar gimana?"
Ayah : "Kan bunda tiap hari makan. Makanan yang masuk keperut bunda itu masuk juga ke titiknya. Nah nanti lama-lama kan besar tuh sampe akhirnya jadi adek bayi trus dikeluarin dari perut"
Keke : "Oh... gitu ya Yah.."

Hah?! Udah gitu aja? Keke gak tanya-tanya lagi? Ampun deh.. ngobrol sama anak kecil emang gak bisa ketebak ya.. Kalo rasa ingin tahunya lagi besar banget dia bisa gak puas dengan satu jawaban. Trus bertanya kenapa, kenapa & kenapa? tapi kadang cukup 1-2 kali aja di jawab cukup. Ayah bener-bener beruntung nih. Gak perlu di tanya banyak-banyak 'ma Keke..

Lalu apakah kami sudah melakukan kebohongan atau pembodohan terhadap Keke? Karena orang dewasa pasti tau kalo gak mungkin tiba-tiba ada 1 titik di perut seorang ibu yang di kasih makan terus bisa jadi bayi. Emangnya tamagotchi. Hehehe...

Melakukan sedikit kebohongan mungkin iya. Tapi melakukan pembodohan rasanya gak deh. Kami pikir untuk saat ini itu jawaban yang terbaik yang bisa kami berikan untuk Keke. Karena rasanya gak mungkin banget menceritakan secara detil proses terjadinya seorang bayi kepada anak berumur 5 tahun.

Apakah temen-temen semua punya jawaban yang lain? Ya... kali-kali aja entah kapan Keke atau bahkan Naima bertanya pertanyaan yang sama lagi.. "Gimana caranya bunda bisa punya bayi?"

post signature

25 komentar:

  1. iya nih.. harus siap2 ditanyain juga nih.. ama Meutia, Dara & Nina...
    tapi klo sama Meutia karena dia udah cukup besar, jadi penjelasannya lebih gampang.
    Intinya klo perempuan sudah haid (spt bunda), pasti bisa hamil. Jadi klo kakak sudah haid nanti, harus lebih bisa jaga diri dalam bergaul, terutama dg teman laki2.
    Klo buat Dara, hamil itu karena ada laki2 dan perempuan yang saling menyayangi. Krn saling sayang mereka ingin agar ada lagi yg disayang, jadilah adik di perut bunda yg dititipkan oleh Allah. Allah Maha Segala Nya, jadi mau "buat" adik dalam perut Bunda pun bisa aja heheheh

    BalasHapus
  2. Hihihihi.. nita juga bingung kayaknya klo ditanya kek gitu. Di blog MP siapa gitu ya, lupa (krn MP ditutup di kantor), ada ibu yang memberikan jawaban yang bagus2 untuk menjawab setiap pertanyaan anaknya. Termasuk pertanyaan tentang seks.

    BalasHapus
  3. hehehe...Iya tuh Chi!!! anak-2 tuh suka nanya yg kita bingung jawabnya ya...Klo saya ke Talitha jawabnya " Dede bayi tuh dari perut cewek klo cowok ngak...trus harus dah sebesar Mama...iJadi pap ama mama nikha trus bisa muncul Talitha dech...dst" pokoknya ribet dech sambung menyambung...

    BalasHapus
  4. hehehehe bingungkan..
    aq pernah mpe KO ditanya anakku..
    " mommy do you n daddy have a sex"
    aq jawab aja iya...tapi sex iru hanya untuk orang yang sudah menikah aja...kalo nggak itu berdosa besar...

    halah dia malah nanya "How?"

    ya jelas aq pingsan waktu ituh hahahahah

    BalasHapus
  5. Buat aku, tiap2 tahapan manusia punya waktu. Jadi kalo masih dalam tahap waktu yg bodoh, gak apa2 lah kita kasih alasan yg bodoh pula. Tapi harus kita tingkatkan masukan2 pintar seiring pertumbuhan anak kita.
    Halo sobat, apa kabar? Salam hormat dan sukses selalu untukmu yaa. Terima kasih atas persahabatannya...

    Cheers, frizzy.

    BalasHapus
  6. waduh,,aku juga bingung tuh mbak jawabnya gimana...

    tapi ga papa mbak, itu tanda2 anak yang kreatif dan kritis...

    :)

    semoga dia ga salah jalan ntar kalau udah gede tentang pendidikan seks...
    semoga...

    BalasHapus
  7. @Penny : Kalo udah gedean emang mungkin akan lebih enak jelasinnya ya mbak..

    @mommy adit : itu dia, cari jawaban yg bagus sangat membingungkan

    @endriyani : Iya kadang anak2 emang suka nyambung2 pertanyaannya. Bikin kita cape jawabnya. hihihi...

    @Elly : Iya mbak. Sy juga sempet jelasin kalo punya anak hanya boleh ketika kita sudah menikah. Untung anak sy tanyanya "why" bukan "how". Jd sy jawabnya karena Allah yang meminta kita untuk tidak mempunyai anak ketika belom menikah. Coba kalo tanyanya how. Bisa pingsan kayak mbak elly juga kayaknya.. Hehehe...

    @Cicha : Rencananya sih juga gitu Cha. Pokoknya sy gak akan menabukan yg namanya sex education. Cuma ya.. jawabannya tergantung usia anak. Kayaknya kalo udah gede gak mungkin deh sy jawab dr titik terus. hihihi...

    @frizzy : Iya setuju, sesuai tingkatan umur sy usahain jawabnya :)

    @Fauzan : Mudah2an ya.. Sy juga gak ingin anak2 sp salah jalan :)

    BalasHapus
  8. Keke emang anak kreatif kok.. Oh ya Bun, aku punya beberapa postingan tentang sex education for child. Postingannya sdh agak lama sih, coba dicek di blogku, barangkali bisa membantu...

    BalasHapus
  9. berat jg ya mbak pertanyaannya......
    bs jd rujukan tuh klo nanti anakku da gede trs nanya soal drmana datanganya baby.... :)

    BalasHapus
  10. untung shita lom nanya kaya gitu yah, hehehe.... cuman pernah sih dia nanya, baby keluar nya dari mana? dari perut, jwb an yg cepat sajah, hehehe....

    BalasHapus
  11. hihi..kok sama seeh aku jg binun gimana cara neranginnya...mu nyontek komen2 lainnya dulu deh tuw yang di atas..hehehe

    BalasHapus
  12. @reni : Iya mbak sy msh inget, mbak reny pernah posting itu. Cm pas Keke tanya lupa deh sm yg mbak posting. Bener2 gak siap soalnya. Hehehe...

    @zee : Iya nih anak2 kadang nanyanya suka gak terduga

    @angsoka : Hihihi... jawaban yg singkat & cepat ya mbak. Hehehe...

    @Mutia : Mari mencontek :D

    BalasHapus
  13. hehehe...anak2 sekarang emang pinter2 yah...ibunya juga harus lebih pinter lagi nih...
    anakku belum ada yang nanyain nih mba...jadi siap2 deh buat jawabannya dari sekarang hehehehe

    BalasHapus
  14. memang bingung sama pertanyaan2 anak2 mbak. kalau di kasih jawaban pasti akan ada pertanyaan lanjutan nya.

    BalasHapus
  15. wah...semua ortu pasti mengalami hal seperti ini...makin besar kayak icha neh yang udah smp udah tahu jawaban dari belajar di sekolah,tapi sebelumnya udah aku kasih pengertian jadi gak terkaget2 lagi, meskipun sekarangpun masih suka heran..hahhaha...itulah misteri kuasa Tuhan...

    BalasHapus
  16. wah, gelap nih. aku jg gak tahu caranya. untung para ponakan gak ada yg suka nanya macam2.

    BalasHapus
  17. @Atca : Selain hrs pinter cari jawaban yg tepat juga hrs pinter berkelit ya mbak.. :D

    @Lidya : Itu juga yg bikin sy suka berpikiir keras, biar gak nyambung2 pertanyaannya.. :D

    @Mama icel : Emang susah2 gampang y mom bikin jawaban buat anak. Hihihi...

    @Sang cerpenis : hahahah... beruntung deh.. Tapi tetep harus siap2 loh, siapa tau suatu saat di tembak dg pertanyaan seperti itu :D

    BalasHapus
  18. hihihi lucu juga ya reaksi ayah wktu keke tanya soal itu....untung ayah cpt menemukan jawabannya meskipun "asal" heheheheh......

    anak2 skrng emang kritis ya...hrs siap2 dr skrang nech tkut tiba2 ina nanya seperti itu heheheh....

    BalasHapus
  19. beneraaan deh...punya anak usia 5 taun.. *eh azka mah ampiiir 5 taun..:) * bikin klenger juga lama-lama oleh pertanyaannya...

    naah salah satu tindakan antisipasi adalah sering-sering browsing en BW...kan banyak yg share pengalaman...lumayan, kadang-kadang bantu juga looh...secara gue ga pinter-pinter amat merangkai kata...hi..hi...

    BalasHapus
  20. @Nia : Ayo mama, siap-siap cari jawabannya ya.. :D

    @Silvi : sebenernya udah pernah baca2 sie.. Tapi ya karena spontan ditembak. Langsung lupa deh ngasih jawaban terbaiknya itu apa. Hahahha...

    BalasHapus
  21. hahahaha..., besok2 pertanyaannya pasti tambah susah lho bunda... :D

    BalasHapus
  22. waduh...aku juga bingung jawabnya mba,tapi jawaban ayah sudah cukup kok..seiring perkembangan keola nantinya...baru dikasitau yang lainnya...

    BalasHapus
  23. hehe... buat referensi kalo saya dah punya baby :)

    BalasHapus
  24. wah... gimana ya kalo saya dah punya anak, terus tanya macem2 hiks... bingung jawabnya :D

    BalasHapus
  25. Menarik nih topiknya..
    Ayah beruntung, Keke cukup puas dengan jawaban itu *untuk saat ini hehehehe*

    Florian pernah tanya sekali.. juga papanya yang menjawab :D
    Pendek aja : "Papa dan Mama saling menyayangi, menikah, lalu ada Florian dan Jessica..."
    Dia nggak tanya lebih lanjut sih prosesnya gimana, etc...
    Kadang ketar ketir juga, secara ini negara bebas...

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge