Cerita Liburan Desember Kemaren

By Keke Naima - January 25, 2009

Gak tau kenapa ya.. Chi kok agak-agak males ceritain liburan Desember kemaren itu. Apa karena biasa-biasa aja atau emang lagi males aja ya..

Tapi emang sie pas liburan kemaren itu Chi 'ma kak Aie lagi males kemana-mana. Pengennya ngabisin waktu di rumah ajah.. Kalo pun jalan-jalan paling mal ke mal aja. Paling gak anak-anak gak di rumah terus deh..

Cuma karena denger-denger kalo keluarga besar mau pada liburan di Ciamis dari Natal sampe tahun baru, kok kayaknya tergoda juga ya.. Abis kalo ngumpul-ngumpul 'ma keluarga besar selalu rame aja, asik.. walopun gak ada acara khusus. Ya udah ngobrol 'ma ayah, akhirnya ayah bersedia ambil cuti (biar kami bisa bablas liburannya sampe tahun baru) dan ayah bersedia. Akhirnya kami putusin liburan di Ciamis sampe tahun baru..

Agak ragu sebenernya, karena kami gak pernah lama-lama di Ciamis (paling lama paling 3 hari 2 malem ajah). Kalo sampe seminggu gitu apa betah ya.. Karena Ciamis tempat kami nginep itu jauh kemana-mana. Jauh dari pusat kota ya.. Hehehe... Tapi karena kami emang niatnya juga pengen di rumah aja, lagi males kemana-mana jadi kami pikir kayaknya betah-betah aja. Apalagi udara di Ciamis kan sejuk gitu. Udah gitu kalo keluarga besar lagi ngumpul, anak-anak biasanya juga lebih tenang dalam arti jarang-jarang gangguin orang tuanya dan itu artinya bisa banyak istirahat. Hehehe...

Mendekati hari H, ayah sedikit ngerubah rencana. Kata ayah, gimana kalo 3 hari aja? Jadi tanggal 30 & 31 Desember ayah tetep ngantor. Mending jatah cutinya di pake untuk kapan-kapan aja. Kali itu Chi gak protes atau kecewa, karena sekali lagi emang lagi gak niat kemana-mana, jadi mau di Ciamis atau di rumah sendiri yang penting istirahat.


Ke Ciamis


Liburan Di Ciamis. Desember 2008.


Kami baru berangkat tanggal 26, karena tanggal 25-nya Chi ada janjian dulu reunian 'ma temen-temen lama. Tanggal 26 juga yang rencananya mau berangkat pagi jadi siang. Rada-rada males. Hehehe... Macet di tol Cikampek dan harus jemput 3 orang krucil di Bandung dulu, jadi deh sampe Ciamisnya udah malem.

Agak kecewa juga. Karena kirain semua keluarga besar bakalan ngumpul, ternyata gak. Ada yang gak bisa dateng, karena ada undangan kawinan. Ada yang anaknya sakit. Macem-macem lah. Otomatis cuma keluarga Chi, orang tua Chi, Adek Chi (Adhi), 1 orang tante (Inok), dan 3 orang krucil (sepupu Chi) yang dateng. Agak-agak sepi gitu deh. Di tambah lagi di Ciamis lagi musim ayam. Arrgggghhhh!!!! Sebel banget kalo di Ciamis lagi musim ayam!!!

Kegiatan di Ciamis ya biasa aja, selain banyak istirahat paling main di kolam ikan. Biasalah mancing. Sama paling bikin lomba nangkep ayam buat para krucil. Seru deh liat mereka lari-larian nangkep ayam. Hihihi...

Lagi gak banyak hasil kebun yang bisa kami nikmatin, paling pepaya sama singkong ajah. Singkongnya gede-gede banget loh! Rasanya juga enak.. Cuma sayang nie, bunga-bunga matahari yang di tanam di halaman rumah gak ada semua. Katanya sie pada mati. Duh... padahal chi suka banget 'ma bunga matahari.. Hiks..


Musim Ayam


 

Nah ini dia nie hal yang paling Chi sebelin kalo lagi di Ciamis. Musim ayam!!!! Huh kesel banget!! Karena bikin gak nyaman.

Ceritanya gini, beberapa tahun terakhir (sekitar 2 tahunan lah) di kampung itu banyak orang yang beternak ayam. Tadinya gak ada sama sekali. Kalo yang melihara ayam sie ada, tapi kalo sampe bikin peternakan sie gak ada. Nah sekarang banyak banget yang beternak ayam..

Tanya sana-sini, ternyata mereka bukan pemilik ayam-ayam itu. Jadi halaman yang mereka punya di sewa oleh pemilik restoran sunda (terkenal lah nama resto sundanya) untuk dijadiin peternakan ayam.

Masalah mulai muncul nie sejak ada peternakan ayam. Jadi banyak lalat!!! Gak siang, gak malem lalat dimana-mana!!! Makanya makanan & minuman harus ditutup-tutup kalo gak mau di kerumunin. Tidur juga gak nyenyak karena banyak lalat. Sebel....!!! Untung aja gak ada bau-bau dari peternakan ayam. Kalo sampe ada bau-bau gak enak, bisa BT abis tuh!!

Emang sie ada waktu-waktu dimana peternakan itu bersih dari ayam-ayam. Katanya kalo para ayam udah siap di potong, semuanya diangkut pake truk. Trus kandangnya untuk beberapa waktu gak boleh diisi. Di bersihin dulu. Nah kalo kami dateng pas masa sepi gini, bener-bener nyaman deh di Ciamis. Udaranya sejuk, gak ada gangguan apapun bahkan nyamuk pun gak ada..

Selama ini sie gak pernah komplain gara-gara lalat. Terpaksa dinikmatin aja lah. Chi pikir, gak pernah lama ini nginep di sana. Jadi ngapain harus cape-cape komplain? Lagian lebih seringnya kami beruntung. Dateng pas lagi musim sepi ayam.

Cuma kemaren itu agak sedikit marah sie... Gara-garanya seperti biasa kalo ke Ciamis kami kan suka maen kembang api tuh.. Kembang apinya bukan kembang api biasa yang anak-anak suka maenin atau kembang api air mancur. Tapi kembang api yang gede-gede itu loh. Yang kalo maen aja harus di pegangin 'ma orang dewasa atau kalo yang ukurannya lebih gede lagi harus diiket ke pager atau apalah.

Bunyi kembang apinya emang gede banget, tapi kalo udah meledak di langit indah deh... Cuma baru aja kami maenin 1 kembang api, tau-tau ada yang komplain. Kami di larang main kembang api, karena suaranya kembang api bikin ayam-ayamnya stress gak bisa tidur!!

Ughh!! Sebel banget dengernya!! Waktu denger itu Chi sinis aja jawabnya. Chi bilang gini, "Oh.. ya udah kalo gak boleh main kembang api. Gak apa-apa kok. Cuma tolong ya ini semua lalat di usir dari sini. Emang cuma ayam aja yang bisa stress. Kami udah stress dari kemaren-kemaren gara-gara gak bisa istirahat tau. Ayam yang stress apa I AM STRESS!!!"

Waktu itu papah lagi gak ada. Jadi cuma denger ceritanya aja. Cuma papah coba nengahin, katanya kalo mau men ya maen aja lagi. Nanti kalo orangnya protes lagi, biar papah coba jelasin. Tapi chi udah keburu males gara-gara kejadian tadi, lagian ujan juga udah mulai turun. Jadi mending tidur aja deh dengan ditemenin lalat-lalat. Sebel!!

Jadi bener-bener merasa beruntung deh liburannya gak lama-lama. Abis males banget! Pokoknya Chi bener-bener ngambek deh. Hihihi...

Dari Ciamis gak langsung pulang ke rumah, tapi mampir ke Bandung dulu nginep semalem.. Lagian para krucil itu mau ngabisin liburan sekolahnya di Jatibening. Jadi deh harus bawa baju dulu.


Bandung


Emang ya kalo di Bandung itu gak pernah bisa yang namanya diem di rumah barang sehari aja. pasti jalan-jalan terus deh. Rencananya sebelum pulang Kak Aie ngajakin ke tempat temennya di daerah Lembang untuk main ATV 'ma gokart. Tapi pas di perjalanan kami baru tau kalo areanya lagi di sewa (ayah neleponnya pas udah di jalan sie...)

Ya udah terlanjur udah jalan, jadi cari-cari tempat maenan yang asik aja di seputaran Lembang. mampir deh tuh di Katumiri. Gak terlalu besar areanya, udah gitu rame.. Jadi agak-agak males.. Akhirnya di katumiri cuma sebentar aja, paling maen bubble. Abis perjalanan lanjut ke rumah sosis. Di perjalanan lewat Fantasia, katanya disana ada gallery Barbie. Jadi pengen liat. tapi setelah dapet parkiran kok jadi males ya. Apalagi gak boleh foto-foto di dalem gallerynya. Ya udah deh lanjut aja..

Ternyata rumah sosis lebih rame. Boro-boro masuk, parkir aja gak ada. Ditutup, karena udah penuh. Bahkan untuk parkir di jalanan pun gak ada. Anak-anak udah mulai rewel. Pada laper. cemilan di mobil udah mulai habis. Minuman apalagi. Macet dimana-mana.

Akhirnya mampir aja deh di hokben. Kasian anak-anak udah pada kelaperan. Makan & bermain di area bermainnya, udah cukup bikin anak-anak puas ternyata. Abis dari hokben kami putusin pulang aja. Udah mulai sore. Belom beberes buat pulang ke Jatibening..


Jatibening dan Serpong


Para krucil libur disini. Bi Ati juga ikut. Rumah rame banget. Pada gak mau diem. Heboh lah pokoknya. Energi anak-anak kayaknya gak ada habis-habisnya ya...

Mumpung lagi liburan juga, kami akhirnya mutusin untuk nyapih Nai. Alhamdulillah berhasil sampe sekarang. Gak sampe sakit juga (sempet khawatir karena Keke dulu sampe panas badannya selama 2 hari).

Bi Ati & para krucil trus nginep semalem di rumahnya Inong di Serpong. Chi sekeluarga gak ikut. Karena Keke & Nai suka agak-agak rewel kalo nginep-nginep di rumah orang untuk malem-malem pertama. Dan kemaren itu Chi lagi males banget nanganin kalo anak-anak rewel. Apalagi Nai baru aja di sapih, takutnya tambah rewel.

Rencananya sie ma Inong mau di ajakin maen ke taman kota. Tapi pas liburan kemaren lagi ujan terus jadi gagal deh. Akhirnya di rumahnya Inong mereka main ujan-ujan. Mereka sie seneng-seneng ajah tuh...

Besoknya Chi sekeluarga jemput Bi Ati & para krucil lagi. Tapi sebelum pulang, kami mau berenang dulu di daerah BSD. Chi, Kak Aie & Nai gak ikut berenang. Alaesannya lagi-lagi karena Nai baru di sapih. Takutnya kalo abis berenang trus sakit, nanti minta nenen lagi.. Jadi Chi nitip Keke aja.

Supaya Nai gak sedih kami ajakin Nai ke mal yang ada di BSD aja. Makan-makan di KFC sama ke Gramedia. Ternyata kalo Nai jalan-jalan sendiri gak heboh-heboh banget. Kalem. Mungkin karena gak ada parnernya ya... Hehe... Jadi berasa waktu masih punya Keke aja. Waktu Keke belom punya adek juga kalo di ajak jalan-jalan kalem. Hihihi...


Pake HP dari jauh fotoinnya jadi gak jelas nie fotonya. Sayang deh..


Gitu aja sie liburannya. O'ya lupa paling pas malem tahun baru sempet ngajakin anak-anak nonton Dora live Show di Senayan City. Pertunjukannya bagus. Anak-anak seneng banget. Lumayan menghibur. Abis dari sency rencananya mau ke Fx, tapi rame banget!! Gak bisa masuk, parkiran penuh. Males banget kalo harus parkir di luar.

Ingetan Nai ternyata panjang juga. Waktu lewat Fx dia bilang, "Bun, jangan kecini ya.. Ima takut jatoh." Wah untung aja gak jadi ya Nai..

Ya udah deh kami akhirnya putusin untuk keliling-keliling Jakarta bentar liat kemeriahan persiapan tahun baru. Mumpung masih kosong jalanan, karena beberapa jam ke depan pasti udah macet total. Abis itu pulang. Mending ngabisin tahun baruan di rumah aja...

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^