Senin, 05 Januari 2009

Bye Bye

Perpisahan biasanya selalu menyedihkan ya.. Tapi perpisahan yang Chi ceritain disini adalah perpisahan-perpisahan yang nyenengin yang terjadi dalam 1 bulan terakhir.

1. Bye-Bye Takut Keramas
Keola itu takut kalo di keramas. Heboh banget deh kalo waktunya ngeramasin dia (cerita kenapa dia takut di kerams bisa liat disini). Tapi sekarang Keke udah gak takut lagi, seneng aja kalo dikeramasin. Gak ada tips khusus, paling sering-sering dikasih tau aja kalo gak perlu takut 'ma keramas.

2. Bye-Bye Ditemenin

Sekarang Keke udah mulai berani di sekolah. Gak perlu ditemenin. Apalagi kalo pas Nai lagi gak sekolah (Nai sekolahnya seminggu 3x). Keke berangkat berdua aja 'ma ayahnya, sekalian ayahnya pergi ke kantor. Sampe sekolah langsung masuk sendiri. Seneng deh, apalagi kalo inget agak-agak susah bikin Keke untuk berani sendiri.


3. Bye-Bye Diapers
Anak-anak juga mulai lepas diapers. Keke pake diapers cuma kalo tidur malem aja. Abis masih suka ngompol. Tadinya sie dari umur 1 tahun Keke udah gak pake diapers karena udah gak ngompol sama sekali, cuma sejak Nai lahir dia jadi sering ngompol gitu kalo tidur malem dan kebawa sampe sekarang. Jadi balik di pakein diapers lagi deh..

Kalo Nai itu agak-agak susah ngajarin dia toilet training, terutama pipis. Kalo BAB sie dari umur 1,5 tahun dia udah bisa bilang, tapi kalo pipis masih sering ngompolnya. tapi kalo di rumah Chi gak kasih diapers, kecuali kalo mau tidur malem sama kalo mau jalan-jalan aja.

Tapi 1-2 bulan terakhir ini dia suka gak mau di pakein diapers. Kalo di paksa ngambek. Ya udah Chi bilang 'ma dia "Kalo udah gak mo pake popok lagi gak boleh ngompol di celana!" Nai bilang iya, dan alhamdulillah dia menepatin janjinya. Kalo mau pipis sekarang dia udah bilang, termasuk kalo pipis di rumah.

Jadi sekarang udah say goodbye deh 'ma diapers. Ya walopun Chi cuma pakein diapers ke anak-anak kalo mau tidur aja (sama kalo mau jalan-jalan & ke sekolah untuk Nai), tapi dengan bener-bener berpisah 'ma diapers lumayan deh bisa sedikit mengurangin biaya belanja bulanan. Hehe...

4. Bye-Bye Nenen

Ini yang baru aja kejadian nie. Nai udah gak nenen lagi. Alasannya di sapih karena Nai udah 2th 8bln usianya. Ya udah gede aja. Lagian kalo di perhatiin kerjaannya dia tuh nenen aja, gak siang gak malem. Main cuma betah sebentar, tidur pun sebentar-sebentar bangun cari nenen. Pokoknya aktifitas apapun gak bertahan lama deh, maunya nenen aja..

Baru seminggu di sapihnya. Cara nyapihnya kayak waktu Chi nyapih Keke dulu, sama sekali gak di kasih aja. Jadi gak pake pait-pait ato apalah, tapi emang bener-bener gak di kasih aja.

Hari-hari pertama jelas rewel abis. Nangis mulu.. Alhamdulillah cuma rewel aja, gak sampe sakit. Padahal Chi udah khawatir banget, karena Keke dulu sampe panas tinggi 2 hari setelah di sapih. Tapi Nai enggak, cuma rewel aja.

Awalnya sie agak berat ya.. Mungkin seperti kebanyakan ibu-ibu yang lain yang menyusui ketika mau menyapih berasa ada yang ilang gitu deh. Chi juga khawatir kedeketan Chi & anak jadi berkurang. Padahal udah anak kedua ya, tapi masih khawatir aja. Hehe...

Tapi ternyata enggak kok. Malah banyak keuntungan yang Chi dapetin. Sejak di sapih Nai sekarang anteng main sama mainannya. Tadinya gak pernah lama, pasti lebih milih nenen. Sekarang Chi bisa puas becanda 'ma dia, peluk-pelukin, klitikin. ngobrol, dll tanpa harus denger kata-kata "Bun, nenen dong..". Tidurnya pun nyenyak abis. Gak bangun-bangun, bener-bener bablas pules banget...

Ngomongin masalah tidur, pastinya bundanya juga kena efek nikmatnya. Karena kalo dipikir-pikir sejak lahir Keke, Chi tuh belom pernah lagi ngerasain yang namanya tidur nyenyak. Setiap 2 jam sekali pasti bangun untuk nyusuin. Begitu terus sampe sekarang Nai segede gini (karena nyusuinnya kan gak brenti-brenti, dari Keke langsung nyambung ke Nai). Berarti kira-kira udah hampir 5 tahun ya Chi gak pernah ngerasain tidur pules, apalgi bablas.

Nah sejak Nai disapih Chi juga ngerasain tuh yang namanya tidur lelap banget. Wah... bener-bener nikmat!! Alhamdulillah. Malah ayah sampe becandain, "Bunda kayaknya happy banget nie sejak Nai di sapih, tidurnya pules banget sampe susah di bangunin." Hahahahaha...

Sebetulnya yang happy gak cuma bunda sie, ayah juga ikut kena dampak happynya. Karena Chi itu kan orang yang susah banget untuk tidur. Biarpun tidur cuma sebentar tapi kalo udah kebangunin pasti susah buat tidur lagi. Nah kalo udah gitu ayah suka Chi bangunin deh buat nemenin Chi. Berarti kalo sekarang Chi bisa tidur pules ayah juga ikutan happy kan.. Hehehe...

5. Bye-Bye Rambut Panjang

Nah kalo ini juga salah satu efek di sapih. Setelah Nai berhasil di sapih, kemaren Chi potong rambut Chi pendek abis (tadinya sepinggang). Niat mau potong rambut udah lama. Tapi ketunda-tunda terus. Karena selain suka nenen, Nai itu suka megangin rambut bundanya. Pokoknya sepaket, dia bakalan ngambek kalo nenen gak sambil megang rambut. Tapi megang rambut aja tanpa nenen juga gak mau. Makanya begitu berhasil di sapih, langsung deh Chi potong rambut jadi pendek. Sayang sie sebenernya, tapi gerah banget akhir-akhir ini..post signature

29 komentar:

  1. wah enaknya yang merasakan banyak kenikmatan karna anak udah gede2:)
    gak pengen nambah lagi bun?
    kekkee..

    wah kalo aku sih biar udah ada anak bobo mau bangun tiap 2-3 jam sekali tetep bisa bobo lagi. tukang tidur sih huehhe:))

    BalasHapus
  2. Saya suka bye-bye yang No. 4

    BalasHapus
  3. Bye bye kebiasaan jelek di tahun 2008 yaaaa gitu dooong itu baru anak mama yg hebat!!!!

    tahun baru baru semua kaaannn hehe
    tinggal mamanya neh yg kipas2 hehe

    BalasHapus
  4. Cocok bener Bunda judulnya Bye Bye...Ya Bye-2 semua hal yang menjengkelkan ya Bun!!! Hebat dech Keke dan Nai...

    BalasHapus
  5. wah senengnya ya, klo anak2 udah tambah besar, makin banyak kemajuan, dan makin pinter.
    Rasanya pasti bahagiaa banget jadi ibu.

    BalasHapus
  6. hebat deh udah bisa ninggalin kebiasaan lama...sip deh keke nai :)

    BalasHapus
  7. @Angsoka47 - Bs tidur pules emang nikmat banget deh..

    @Evy - Sy lagi pengen nikmatin tidur pules dulu. Hehehe...

    @Marsudiyanto - Yang no.4 emang bikin semua happy, karena tidurnya gak saling ganggu lagi :D

    @Alifahru - Ya enggak dong. kl sp bye-bye juga gawat. Hihihihi...

    @Widie - Iya nie, pas banget 'ma moment tahun baru. Semuanya serba baru.. :)

    @Endriyani - Iya bener, bye-bye u/ hal2 yg jengkelin. Makanya menyambut tahun baru seneng banget nie..:)

    @Nunik - Iya mbak, kalo anak2 makin mandiri rasanya bahagia bgt. Tinggal tunggu waktunya bisa jalan-jalan berdua nie 'ma ayahnya kyk jaman pacaran. hehehe...

    BalasHapus
  8. selamat tahun baru mbak...

    aduh aq jd penasaran nie gimana ya nanti toilet trainingnya si vaya? pasnya sejak umur brp bulan ya mba...

    BalasHapus
  9. asyik nih, taun baru banyak perubahannya ya, mudah2an lebih baik.

    Huaah? 5 tahun ga bisa tidur nyenyak yah? kebayang deh. Kalo azka, sejak dapet MPASI gak pernah bangun malem minta susu, tidurnya bablas mpe pagi. Jadi Mamanya pules terus bobonya.

    Mudah2an bentar lgi bye bye diapers sama sekali ya, Bun..tambah irit deh hehehe...

    BalasHapus
  10. siip semuanya tambah pinter mommynya pasti happy ya. Tapi ntar pasti kangen saat anak2 masih merepotkan hiks, cepet sekali waktu berlalu ya

    BalasHapus
  11. wihh..abang keke dan kk nai hebat banget ya. Tambha pinter semua.

    Btw mba,...kasi tipsnya dunk ngajarin toilet training tuh gimana?? bagusnya umur brapa bulan???

    BalasHapus
  12. wah senangnya yang bisa tidur pulessss...

    Waktunya nambah anak lg dong, eh waktunya menikmati jam tidur deh, hehehe.....

    BalasHapus
  13. wuah selamat yaaa...awal taun dimulai dengan kebaikan ya bun ;) semoga selalu penuh dengan berkah amiiin...

    BalasHapus
  14. wah..ikut seneng nih bacanya. moga2 bisa ngikutin jejak bye bye no.4..

    BalasHapus
  15. wah tdnya dikirain Chi mau kemana, blg bye2...hehehe....
    Salut nih bs nyusuin mpe 2th 8bln... susah ya pas nyapihnya?insya allah Ke jd anak sehat dan pintar berkat asi ya....
    Th 2009, bnyk kepandaian br nih Ke2Nai ya...

    BalasHapus
  16. hwaaaa adek hime blm bye2 diapers ^o^.hebatnya bisa nen sampe 2thn, mamanya hime ASI ga lancar :(
    mana nih oleh2nya abis pulang kampung hehe...maksa yak.

    BalasHapus
  17. @Mami Vaya & Keluarga Fauzi - Kl sy sie gak ada batesan hrs di mulai umur berapa. Pokoknya tiap kali anak-anak pipis di celana selalu sy ksh tau kl lain kali jgn pipis di celana. Lama-lama kan anak2 ngerti sendiri. Trus setiap 2-3 jam sekali di ajak ke WC buat pipis. Sama biasanya dr pengalaman sy aja sie, kl anak2 udah gak mau lagi pake pampers tandanya mereka udah mulai siap u/ gak ngompol lagi.

    @Vera - Iya udah lumayan lama kan. Makanya seneng bgt bs tidur nyenyak lg. Gak pake diapers lumayan loh pengiritannya :D

    @Rumh Lina - Iya sie. kadang pengennya sie mereka jd anak2 terus y.. Waktu emang gak berasa ya..

    @May - Hahahaha... sekarang saatnya menikmati tidur pules dulu deh..

    @Kartika - Amin. Mudah2an tahun baru segalanya menjadi lebih baik ya..

    @Kristin - Lega sy udah bisa nyapih, tdnya agak takut kl dia jd jauh. Ternyata gak kok..

    @Hanif & Raihan - Susah2 gampang. Apalagi kl pas nangis minta nenen. Rasanya sedih & langsung pengen ngasih. Tp ya gimana, udah gede :)

    @Bibip - Enak loh disa bye-bye 'ma diapers :D

    @Silvi - Iya serasa dpt uang lebih. Hahaha...

    BalasHapus
  18. keola takut keramas yaa...sama nech sm ina...klo dikeramasin nangis teriak2 hehehe....mana rambutnya panjang n banyak...suka bau klo gak dikeramasin hihihi....

    wahh Nai ASI smpe umur 2 thn lebih?? hebat ibu yg satu ini....jadi ngiri....

    BalasHapus
  19. Adit juga udah bye2 nenen (dari 2 thn) & bye2 diapers (dari umur 1,5 taon).. seneng ya tidurnya bisa lebih nyenyakan? hihihihi.. tp kadang malem dia masih bangun manggil maminya: "mamiiiiiiih.. cini... bobok.." Krn tidurnya kan udah pisah. Jadi maminya kadang bolak balik ke kamar dia dan ke kamar ayahnya.

    BalasHapus
  20. met tidur nyenyak deh... nikmat kan bund...
    sama kayak valisha susah bener dikeramas, mesti dibujuk2 terus, alhamdulillah deh udah bye bye

    BalasHapus
  21. @Nia - Ina takut keramas juga y? Kasih kacamata renang aja kyk keke :D

    @mommy Adit - alhamdulillah kl anak2 gak bangun2 tidurnya sejak di sapih :)

    @Mama Valisha - iya emang nikmat bgt bisa tidur nyenyak :)

    BalasHapus
  22. wah... kalo bye2 nenen seneng tuh ibunya gak begitu repot lagi yak

    BalasHapus
  23. Aha... Alhamdulillah... budhe turut seneng nich.. sekarang Bunda Ke2Nay sudah lumayan merdeka yach.. Keola ga' heboh lagi klo' mo' kramas Nay ga' nenen dan bebas diapers,beneran bahagia di awal taon smoga seterusnya makin enjoy mendampingi Ke2Nay tumbuh sehat tambah pintar yach..

    Budhe tunggu info lanjutannya terutama pola makannya mereka ya Bunda..makasih..hmmm...

    BalasHapus
  24. Seeeeep.... udah pada pinter dong....
    bye bye kebiasaan bayi.. he he he

    BalasHapus
  25. Wahhh..anakku yang nomor 2 belum bisa lepas dari dot sama diapersnya...mau donggg diajarin..he..he..

    BalasHapus
  26. enak ya, anak udah makin pinter, udah lepas diapers semua. Si Laura baru lepas diapers bbrp bulan lalu (pas umur 3 tahun).

    BalasHapus
  27. ah ngiriiiii....pengen bobo pules jugaaaaa....*baru 27bln gak bobo pules aja udah ampun2an nih, salut deh sama yg 5thn* Zeeva juga lagi proses disapih, baru bisa diberhentiin nenen di luar rumah. Kalau di rumah masih maksa, apalagi kalau malem2.

    Soal lepas diaper juga masih PR nih. Ahhh ngiri lagi sama yg blanja bulanannya udah berkurang ;p

    BalasHapus
  28. Horeeeee... Keke dan Nai makin pinterrrrrrr!! :)

    Tapi sayang ya, rambut Bunda dipotong :)
    Ah, yang penting tetep cantik ^_^

    BalasHapus
  29. wah..sama kayak aku 8 bln yg lalu, bebas nenen, 2 bln yg lalu bebas diapers.

    Mbak udh siap tak kunjungi ngga?..aku jumat besok mau ke Bekasi lho..makanya skrg mulai packing.tapi baru dikiiiiiit bgt..hehehe

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge