Kamis, 11 Desember 2008

Matematika

Mau ceritain tentang pelajaran matematikanya anak-anak ah...
Keola
Keola sekarang lagi belajar tambah-tambahan tanpa gambar. Misalnya 2+3=...., 5+7=...., dan seterusnya.
Kenapa Chi mulai ngajarin tambah-tambah tanpa gambar, karena Chi liat dia udah lancar berhitung. Jadi kalo di kasih tambah-tambahan dengan gambar dia udah gak pernah salah, kecuali kalo dia ngerjainnya terburu-buru.
Trus Chi pernah ngetes apa dia udah bisa menghitung angka tanpa harus mulai dari 1. Misalnya gini, setelah angka 3 itu angka berapa? setelah angka 9 angka berapa? Coba berhitung mulai dari angka 5. Begitu kira-kira...
Kenapa Chi tes dulu, karena Chi pikir kalo dia mau belajar tambahan tanpa gambar maka dia harus nguasain dulu angka-angkanya tanpa harus mulai dari angka 1 (gimana ya cara ngejelasinnya.. Maap ya kalo ngebingungin. Hehehe...)
Karena Chi liat Keke udah mulai bisa jadi gak ada salahnya Chi mulai ngajarin dia berhitung tanpa gambar.
Cara ngajarin Chi tuh kayak gini... Misalnya 3+2=...? Chi minta angka 3 di simpen di mulut Keke, angka 2 di jari. Nanti Chi minta Keke untuk mulai menghitung setelah angka 3 sesuai dengan angka yang ada di jarinya.
Awalnya Keke masih bingung. Tapi karena rutin latihan, dia udah mulai lancar... Chi sendiri baru ngajarin tambah-tambahan ini lisan aja belom sampe menulis di buku. chi pikir yang penting dia lancar dulu. Nanti kalo udah mulai lumayan lancar, baru deh di buku sekalian belajar menulis..
Kalo kurang-kurangan Chi belom ajarin. Rencananya nanti kalo udah lumayan lancar berhitung tanpa gambar baru deh belajar pengurangan.

Naima
Kalo Nai masih nerusin pelajaran sebelumnya, berhitung dengan gambar atau benda yang ada di sekitarnya. Udah ada banyak kemajuan. Tadinya dia baru bisa berhitung sampe 4. Lewat dari 4 dia bingung (padahal udah bisa ngurutin angka dari 1 s/d 10).
Sekarang ngitungnya udah bisa sampe 10. Udah gitu untuk itungan awalnya udah gak terlalu banyak di bantu lagi. Kalo kemaren kemaren kan Chi masih bantuin untuk selalu nyebutin angka 1 dulu. Kalo gak di gituin suka-suka dia mulainya dari angka berapa.
Tapi sekarang udah gak.. Chi udah gak terlalu banyak bantuin. Udah jauh berkurang lah pokoknya..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge