Jumat, 21 November 2008

Membaca dan Dikte

Membaca
Keke udah lumayan lancar membaca. Tapi untuk urusan membaca moodnya di emang masing sering on-off. Kalo lagi semangat dia lancar sekali membaca. Tapi kalo moodnya lagi gak oke, bacanya lama kayak baru belajar baca. Beda sekali dengan pelajaran berhitung. Selalu semangat. Tapi saking semangatnya, kadang suka gak teliti. Suka buru-buru. Jadi Chi harus selalu ngingetin.
Kalo diperhatiin Keke paling semangat membaca kalo di bikin teka-teki. Misalnya gini..
Aku adalah sebuah kendaraan
Aku berjalan di darat
Badanku sangat panjang
Aku berbunyi jes jes tut tut
Rumahku bernama stasiun
Siapakah aku?
Nah kalo soal kayak gini dia semangat banget membacanya. Apalagi kalo abis itu di suruh menggambar sesuai dengan teka-teki tadi, pasti lebih semangat lagi karena Keke hobi sekali menggambar.
Tapi kalo di suruh baca buku, dia masih berubah-ubah. Kadang semangat, kadang gak. Padahal udah di beliin buku yang menarik tampilannya, tulisannya juga gak kecil. Khas buku anak-anak lah. Tapi tetep aja semangatnya masih berubah-ubah.
Dikte
Karena udah lumayan lancar membaca, Chi pun mulai rutin bikin pelajaran mendikte. Mendiktenya lumayan lancar. Terutama untuk kata-kata yang tidak ada akhiran konsonan ya. Hampir gak pernah salah.
Kalo untuk yang berakhiran konsonan dia suka agak bingung memang. Kecuali untuk yang berakhiran r & ng (misalnya kamar, kucing, pasir, dll).
Untuk tulisannya sendiri, masih jauh dari rapi. Hehehehe... Dia udah bisa nulis, tapi ukurannya masih berubah-ubah. Kadang kecil-kecil, kadang besar-besar. Kadang dalam 1 kalimat ada yang kecil ada yang besar. Belom lagi jarak antar hurufnya yang kadang suka jauh-jauhan. Pelan-pelan sie Chi selalu ingetin untuk selalu rapi. Tapi ya jangan sampe di paksa itu yang penting. Nanti juga lama-lama dia akan rapi sendiri, yang penting dilatih terus kan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge