Selasa, 11 November 2008

Japan-Indonesia Expo

Hari Sabtu kemarin kami sekeluarga dateng ke JIExpo. Rencananya sie 1 minggu yang lalu tapi gak jadi, akhirnya baru kesampaian hari Sabtu kemarin.
Ternyata exponya cukup mengecewakan (buat kami ya...). Tadinya yang ada di bayangan Chi exponya itu bakalan di isi dengan banyak sekali stand-stand kebudayaan baik dari Indonesia maupun Jepang. Tau sendiri kan kalo Indonesia & Jepang negara yang kaya budaya.
Trus Chi juga membayangkan akan banyak acara-acara kebudayaan. Udah gitu Jepang kan juga banyak benda-benda yang unik & menggemaskan tuh, nah Chi berharap di sana bakal banyak nemuin barang-barang yang lucu itu. Lumayan nie bisa borong-borong tanpa harus ke Jepang.
Tapi ternyata... Hhhh!! Mengecewakan. Kebanyakan yang ikut pameran itu perusahan otomotif, elektronik, trus perusahaan-perusahaan yang bikin kerjasama sama Jepang lah. Ya... apa yang menarik? Kalo pengen liat mobil atau elektronik mendingan pergi ke showroom atau toko elektronik aja. Sama aja kok. Lagian kalo emang mau liat ke pamerannya kayaknya lebih bagus waktu ke kami dateng ke pameran mobil waktu itu. Koleksi mobilnya lebih banyak gak cuma dari Jepang, jadi anak-anak (terutama Keke) pun puas. Gak seru banget deh pamerannya...
Kebudayaannya sie bukan berarti gak dpt porsi. Mereka tetep dapet. Tapi sangat-sangat minim porsinya, saking minimnya jadi gak keliatan. Hehe...
Belom lagi food areanya. Sedikit dan sempit banget. Kalo stand yang laen antar lorongnya tuh lumayan lebar, nah untuk food area sempit banget. Sementara yang pengen beli makan kan banyak. Tapi juga gak ada yang istimewa di food area. Chi tadinya berpikir aka ada macem-macem makanan jepang di sana selain makanan Indonesia. Tapi ternyata makanan Jepang yang ada di sana cuma Hoka-Hoka Bento. Hahahaha.... Eh, ada sie 1 stand yang menjual takoyaki. Tapi standnya kecil & cuma dia satu-satunya yang menjual makanan Jepang (selain hoben. Hehe....). Otomatis yang ngantri beli disana pun rame banget!! Saking ramenya kami putusin makan siang di luar aja deh..
Satu-satunya hiburan yang rada lumayan itu adalah pertunjukan Shinkansen 3D. Ngantrinya lumayan panjang. Tapi karena liat di pengumumannya sekali pertunjukan maximum jumlah penontonnya adalah 400 orang, jadi Chi pikir kami gak akan terlalu lama ngantrinya.
Pertunjukannya terbagi 2 film. yang pertama tentang shinkansen, yang ke dua tentang kebudayaan & kehidupan orang-orang Jepang. Walaupun nama pertunjukannya adalah Shinkansen 3D tapi Chi justru lebih tertarik dengan film tentang budaya Jepang.
Okelah lah Shinkansen emang canggih banget. Chi kagum liatnya. Tapi rasanya untuk kita orang Indonesia saat ini baru bisa mimpi ya kapan itu Shinkansen ada di Indonesia. Atau bermimpi kapan kita bisa ke Jepang. Hehehe...
Chi justru suka dengan film tentang kebudayaan & kehidupannya. Udah gitu warna-warnanya keren banget. Suka banget waktu bagian ketika Jepang lagi musim gugur, ada pohon-pohon yang daunnya warna kuning pada berguguran trus semua jalanan berubah jadi warna kuning karena tertutup oleh banyaknya daun yang berguguran. Udah gitu ada serombongan anak-anak kecil Jepang berseragam. Chi lupa warna seragamnya, yang pasti Chi inget banget warna topinya hijau muda. Mereka pada berlarian ke jalanan yang diselimutin daun-daun itu. Aduh.... lucu banget!!
Satu lagi nie yang bikin Chi terkagum-kagum sama budaya & kehidupan orang sana itu adalah Jepang itu kan negara maju tapi biar gitu kebudayaannya masih kuat banget. Dan ternyata kalo kita emang cinta dengan budaya kita gak akan tergeser kok dengan majunya teknologi secanggih apapun. Buktinya ya Jepang itu.Dan sebenernya kita pun bisa ya kalo mau karena kebudayaan kita kan juga kaya sebenernya. Yah mudah-mudahan deh..
post signature

21 komentar:

  1. Wah.. asyiknya bisa jalan2. Disini mana ada expo2an gitu.. :(

    BalasHapus
  2. wahhh waktu aku ke Jkt kok gak tau ya ada expo ntu jeng???

    BalasHapus
  3. serasa nonton film oshin ngga? hehehe..

    BalasHapus
  4. mengecewakan yah? untung gak kesana.. hehehe..

    eh, mengecewakan aja laporannya panjang gitu.. gimana klo menakjubkan?

    BalasHapus
  5. @ mommy adit - justru saking kecewanya makanya curhatnya panjang. Hehehe...

    BalasHapus
  6. eh....kesono toh...
    padahal gw tadinya pengen, krn pengen liat si kreta itu. Udah ngebaying pasti seru. Skalian emaknya berencana utk cari benda2 lucu ala jepang

    untung gak jadi pergi...hehehehe...

    BalasHapus
  7. betul sekali sebenarnya gak perlu takut dg budaya asing yg masuk ke ind kalau kita sendiri kuat dan cinta dg budaya bangsa sendiri.. contohnya ya jepang itu..salut!

    BalasHapus
  8. kapan ya kita bisa liat jepang ke negara jepang, aku juga pengen loh jeng.....kt org emang bagus, aju tapi budayanya masih kental.

    BalasHapus
  9. @ bunda aulia - yuk sekali2 main ke jakarta. Hehehe...

    @ lyla - asik kopdaran terus sie jd gak tau kl ada expo ya.. :)

    @ angsoka47 - kalo liat para pemain filmnya sie mukanya kyk oshin semua :D

    @ debbie - gak ada sama sekali barang2 lucunya :( Maksudnya ke sana juga begitu pengen cr barang lucu

    @ mama icel - iya gak ada ruginya deh cinta sama budaya ya mom

    @ mama ben - yuk mom kita mimpi dulu biar bisa ke jepang. Hehehe...

    BalasHapus
  10. mamanya tole harus dikasih tau niiiih.

    BalasHapus
  11. namanya juga japan Expo .. pasti isinya banyak otomotif nya .. hehhe ..

    BalasHapus
  12. Wah kesini aja Bun...lebih jelas lihatnya...ditunggu...

    BalasHapus
  13. owh banyak otomotif, pantesan di kantor pada ribut pen kesana...
    gak ada perlengkapan bento yaks, klo ada gw langsung ngacir niy hueheheh...

    BalasHapus
  14. @ Lisa - udah di tutup exponya. Terakhir kemarin hari Minggu :)

    @ Febrie - Iya juga sie. Mungkin kl judulnya japan festival br byk kebudayaannya ya.. Tp ada gak ya..

    @ Yannie - Hahahaha..... ya iyalah. Kalo mau cari barang-barang Jepang y ke jepang yang paling pasti. Hehehe...

    @ Keidra - Iya bykan otomotif & elektronik. Tadinya juga ngarepin gitu bakal byk bento2an, gak taunya gak ada sama sekali :)

    BalasHapus
  15. wah, padahal kemarin acara itu udah masuk dalam daftar acara yg akan kami kunjungi di akhir pekan...

    Ternyata mengecewakan ya.

    Iyalah, klo isinya kebanyakan otomotif dan elektronik...

    BalasHapus
  16. yup...sama neh...aq jg suka pernak-nik jepang lucu2..n' filmnya keren2...sejenis kek tokyo love story tuh..

    BalasHapus
  17. wahhh asik ya, disini banyak makanan jepang, even supermarket jepang, tapi susah banget nyari barang yg alkohol free di supermarketnya

    BalasHapus
  18. Shinkansen apa tuch bun?
    Tp lumayan terhiburlah dgn nonton :)

    BalasHapus
  19. Waduh..ada yg lagi kecewa nih rupanya wkekeke..
    Jepang emang oke banget, ayo kita mimpi rame2 ke jepang...;)

    BalasHapus
  20. iya jepang emang hebat..
    kita makin maju malah makin kebarat2an, apaan tuh?
    malah jadi gak bangga sma budaya sendiri:(

    BalasHapus
  21. iya beneeerrrr....kalo barang elektronik sama kendaraan gitu mah ada pamerannya sendiri atuh....*ikutan kecewa*

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge