Selasa, 04 November 2008

Bunda, Baik sekali Sama Keke

Beberapa hari ini ucapan-ucapan Keke tuh lagi ada-ada aja deh.. Dari mulai kasih pertanyaan yang bikin kepala bundanya cukup mumet. Trus yang terakhir ini memuji bunda sampe perasaan bunda campur aduk .

Jadi ceritanya gini... Setiap malam Chi kan selalu tanya ke anak-anak "Hari ini seneng gak?". Kalo seneng kenapa, gak seneng juga kenapa?. Jawaban mereka sie biasa aja. Maksudnya kalo mereka seneng, mereka akan cerita kenapa mereka hari itu seneng. begitu sebaliknya.

Tapi semalem tuh beda. Keke bilang kalo hari itu dia seneng... banget. Alasannya karena Bunda selalu baik sama Keke. Keke pengen apa aja selalu di kasih. Gak pernah marah.

Sempet kaget tuh denger alasannya Keke. Ada apa nie, kok tumben-tumbenan penuh pujian? Muji apa nyindir secara halus ya? Tapi anak kecil kan selalu jujur ya.. Masa' sie nyindir? . oke deh kalo gitu berarti ini pujian dari Keke.

Tapi buat temen-temen yang baca jangan keburu salah sangka ya setelah baca alesannya Keke. Chi bukannya sama sekali gak pernah marah loh.. Chi juga gak selalu turutin semua kemauan anak-anak. Suka ngelarang juga & suka marah juga.

Chi tetep mikir maksud perkataan Keke tadi. Chi bersyukur kalo dia merasa senang dengan perlakuan bunda ke dia. Setelah di pikir-pikir dalam mengasuh Keke & Nai, Chi emang jarang kasih larangan. Dalam arti Chi lebih milih kasih batasan-batasan.

Misalnya gini, Chi kasih contoh beberapa ya... Untuk urusan jajan, Chi gak pernah melarang. Mereka boleh jajan setiap hari tapi syaratnya hanya boleh 1 kali dalam sehari & cukup 1 item aja sekali jajan. Jajanannya pun di awasin ma chi jadi gak boleh sembarangan..

Trus urusan main air. Mereka boleh main air setiap hari, bahkan mandi ujan pun boleh. Dengan syarat, kondisi mereka lagi sehat. Jadi kalo mereka lagi sehat nie setiap hari mereka berendem di bak mandi atau mengisi bath tub dengan air yang banyak, mereka bilangnya berenang. Atau kalo di luar lagi ujan gede benget (minus geledek tapi ya..) mereka Chi biarin mandi ujan. Malah kadang Chi yang suka ngajak mereka mandi ujan.

Corat-coret. Anak-anak kan biasanya suka banget sama kegiatan corat-coret. Biarpun udah di kasih kertas atau buku gambar terkadang mereka kepengen juga corat-coret di tempat yang gak lazim. Di tembok, di sprei, di kaos kadang di badan mereka. Chi sie gak ngelarang asal mereka hanya corat-coretnya di kamar sendiri. Di ruangan lain gak boleh. Sprei atau kaos juga harus yang punya sendiri (di pilihin yang udah jelek aja). Corat-coret sesekali di badan gak apa-apa, malah ayahnya kasih mereka peralatan face painting untuk memuaskan keinginan mereka.

Setiap hari Chi selalu tanya ke mereka "hari ini mau ke sekolah apa gak?". Maksud Chi kalo mereka pilih sekolah harus semangat jangan cengeng. Kalo gak mau sekolah ya gak apa-apa. Yang penting porsi belajar mereka di rumah harus di tambah. kenapa Chi gak mau maksa, karena kalo di paksa bisa-bisa mereka rewel abis di sekolah. Tapi kalo mereka yang milih sendiri di sekolah biasanya mereka happy. Walopun datengnya selalu telat setiap hari

Masih banyak kegiatan-kegiatan mereka yang gak Chi larang-larang paling hanya di batasin. Emang sie untuk kitanya suka lebih cape. Rumah jadi lebih berantakan, walopun niat mereka adalah membantu orang tuanya. Tapi Chi sie ambil positifnya aja, setidaknya keingin tahuan mereka terbayarkan.

Mereka ingin corat-coret tembok, main air, dll itu semua kan karena mereka ingin tau gimana sie rasanya? Setelah keingin tahuannya terbayar biasanya sie cukup buat mereka. Kalo masalah rumah yang tambah berantakan, pengalaman Chi sie biasanya kalo mereka di bolehin kemauannya mereka pun dengan suka rela membantu. Walopun bantuan dari mereka terkadang jadi nambah kerjaan lagi buat bunda. Hahaha...

Tapi sekali lagi gak apa-apa. Sekarang mereka mungkin keliatannya suka berantakin macem-macem. Tapi kalo dari awal udah di biasain bantu-bantu, nanti lama-lama rapi juga kan..

Gak selalu berjalan mulus sie. Terkadang mereka suka pengen lebih atau sesekali melanggar peraturan. Nah di sini Chi suka rada-rada tegas. Walo suka ngebolehin mereka melanggar diki-dikit tapi sering gak. Kalo mereka gak nurut baru deh Chi marah.

Ya ini sie menurut pendapat Chi tentang perkataannya Keke itu. Cuma ya terkadang gak semuanya berjalan dengan mulus juga sie.. Maklum deh masih tinggal sama orang tua. Biarpun orang tua sendiri tapi terkadang ada aja cara kita mengasuh anak yang berbeda dengan cara orang tua. Jadi ya agak sedikit-sedikit gimana... gitu

post signature

29 komentar:

  1. horee..pertamax..
    bener mama chi anak2 memang polos kok kadang2 kita dibuat malu hati pernah tuh aku kesel ma elsa eh dia bilang gini "mama tuh baik tapi jahat"...gubrag!..setelah dipuji gue dijatuhin wkwkwkwk..

    BalasHapus
  2. hebat d bwt bunda n salut bwt parenting yg diterapkan :)

    BalasHapus
  3. Kalo Nikki sukanya muji gini: "Mama dah cantik deh..." (kalo abiz mandi). Terus kan kita berbunga2 ye, kita tanya balik: "Masak sih Nik?"

    Tnyata jawabnya: "Ya iya lah, Mama kan cewek, jadi cantik." Huaaaaaaa.....

    BalasHapus
  4. setujuh banget dengan pola asuhnya Ma dalam hal batasan. Anak jangan terlalu sering dilarang2. Karena nih, makin banyak kita larang, makin banyak pula dia akan menentang dan memberontak.

    Yang penting kita ajarkan anak konsep konsekuensi: klo dia gak tidur siang, malem akan ngantuk, klo gak mau makan, dia akan laper, klo gak mau sekolah dia akan ketinggalan pelajaran...

    gitu kali ya...he..he, panjang amat komentarnya

    BalasHapus
  5. hihihi...kalo kejadiannya dennis yang bilang begitu ke gw, muji2 emak babenya, jujur aja, kita2 pasti curiga...:))
    soale dia selalu punya trik spy maunya diturutin, ngangkat2 muji2 gitu lah .... :D

    BalasHapus
  6. Wah Bun...salut deh dengan penerapan ke Kei&Nai...

    BalasHapus
  7. Sip! Cara ngasuh yang patut ditiru deh. Emang kalo sayang sama anak bukan dengan cara memanjakan dan menuruti semua keinginannya...

    BalasHapus
  8. setuju deh Bun, ma pola asuh ke anaknya. Ga usah banyak larang2 selama apa yg dilakuin ga ngebahayain mrk, tp jg jangan terllau nurutin semua keinginan mrk.

    BalasHapus
  9. salut tuk dirimu... 2 jempol dah....

    BalasHapus
  10. kalo aku kadang bingung deh bilangin ke farrell supaya gak nyoret2 disembarang tempat..capek banget ngebilanginnya..bisa dibayangin farrell nyoret2 di lantai, meja makan, badan dia, sampe curtain segala tuh..trus aku kan gak ada yg bantuin..semuanya aku kerjain sendiri..gimana hayoo caranya ngebilangin ke dia..hiks...hiks..kok jadi curhat sih hehehe

    BalasHapus
  11. Wah, ternyata Keke pinter ambil hati mamanya neh... pasti ber-bunga2 tuh... secara yg muji anak sendiri, pastinya tulus dari hati...

    BalasHapus
  12. Mau dong jadi anaknya mba chi ;p

    BalasHapus
  13. Wah...Mama Ke2Nai bagus nich cara mendidiknya hebat!!! Bijaksana...
    Emang anak jgn banyak dilarang ya...tapi bukan berarti bebas hanya ada batasannya ya...
    Talitha juga suka hujan-2 tapi klo hujannya kecil...Ntar hujan-2an bareng yuks...!!!

    BalasHapus
  14. Wah... makasih nich.. info bagus tentang pola pengasuhan anak.Budhe akan coba praktekkan juga ah..

    Bunda Chie pasti bahagia banget mendapat pujian langsung dari anak dan Keke pinter banget yach ngungkapin perasaannya.Turut bangga dech...

    BalasHapus
  15. setuju&bagus banget ama caranya yg mama chi buat ke2nai.karena anak adalah juga cermin ortu.Bijaksana selalu adalah hal yg paling tepat buat anak2 kita,walo emang kadang hal2 tertentu susyyaaah banget tuk diterapkan.Nah bedanya kalo disini..anak tuh bebas dgn segala aspirasinya dan kreatifitasnya ortu gak bisa sembarangan ngasih hukuman fisik*bisa masuk penjara lho*.pola pendidikan barat gak semuanya bagus,juga gak semuanya jelek.alhamdulillah kalo kita bisa combine diantara keduanya.

    BalasHapus
  16. hebat deh, bunda ke2nai sangat sabar mengasuh anak2, kebalikannya sama saya.

    Btw azra juga pernah tuh muji saya gini "bunda baik deh, aza sayang sama bunda" padahal dia abis dimarahin...duuh..pinter banget yah, bikin malu hati sendiri merasa kesindir.

    BalasHapus
  17. memang susah klo ga memanjakan anak, kadang menurut kita itu biasa tp menurut org lain itu namanya manja.
    tp menurutku cara mbak mendidik anak bagus bgd, biarlah mereka bereksplorasi, asal bertanggungjawab. Sama kyk kita dulu jg hobi main hujan, jd boleh dong anak2 kita jg mandi hujan, hehehe...

    BalasHapus
  18. Setuju mom soal sistem tarik ulur itu. Haiyaaa apaan sih wkekeke..
    Maksudku yang soal pola asuh anak itu lho..kalo di larang2 malah akan menghambat kreativitas, tapi juga ga terlalu menuruti semua keinginan anak..;)

    BalasHapus
  19. salut deh buat dirimu mir .. tipsnya boleh dicontek kan?? hehehee ..

    BalasHapus
  20. hehehe anak2 iya ngomong jujur yah...semoga Bunda sll baik tiap hari yah Ke ^_^

    met weekend bunda....disini kami gk kemana2 , dirumah aja....dingin ^_^

    BalasHapus
  21. mama chi knapa dipanggil chi^o^(pgn tahu ajah ya hehe...)
    keke suka ngambil ati mama, kek papanya ya ^o^...
    aq jg ga suka larang2 udah dilarang bnyk sih ma sensei2nya hehe...kl masalah coret2 alhamdulillah anak2 dikasih buku aja, yah ada sih korban karpet ato pintu tp abis itu mereka ga mengulang lg ^o^ ....

    BalasHapus
  22. Bunda Ke2Nai sepertinya orangnya super sabar ya..

    BalasHapus
  23. Bunda yang baik buat anak-anak..pasti mereka happy deh..

    BalasHapus
  24. waooow ramei...sama nih kasusnya coret-coret..dinding rumah penuh coretan, tapi sy udah capek ngelarang

    BalasHapus
  25. mnurutku cara bunda mendidik anak2 dah cukup bagus *dibanding akyu* =( jadi kepengen jd FTM nih, biar bisa mendidik anak2 dan liat perkembangannya dari hari ke hari.. dan biar dapet pujian jg dari anak2, hehehee *ngiri mode on*

    BalasHapus
  26. Hahaha Keke bisa aje nihh... Biar besok Bunda lebih baek lagi ya Ke, batasannya jadi aga dilonggarin ya? Tadinya jajan 1 item, besok2 dinaikin jadi 2...hihihi...

    BalasHapus
  27. wah..kalo aku punya anak pengin contoh pola asuh kyk bunda deh...

    BalasHapus
  28. iya Ke, bener, bundanya baiiiiik.... saya stuju juga tuh, anak emang lebih baik diberi kebebasan sambil diajarkan bertanggungjawab. Hidup bunda!

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge