Selasa, 19 Agustus 2008

Mengamati Daun

Sebenernya kemarin itu Chi pengen ngajarin keke tentang fotosintesis tumbuhan, tapi ada insiden kecil yang akhirnya harus tertunda lagi (nanti di akhir postingan ini Chi ceritain).

http://www.kekenaima.com/2008/08/mengamati-daun.html
Niat mau ngajarin anak-anak tentang fotosintesis tumbuhan tertunda-tunda terus, jadi aja daun yang waktu itu kami petik udah keburu kering. Tapi biarpun kerin masih bisa di pake buat belajar kok (sebetulnya sie karena sayang daun yang udah di petik dibuang gitu aja ).

Karena daunnya udah kering Chi minta Keke untuk menyebut perbedaan anatara daun yang masih segar & daun yang sudah kering. Keke jawabnya, kalo daun yang udah kering warnanya berubah, daunnya jadi layu trus kalo di pegang kayak kering gitu. Ya betul!! Dapet 100!!

Chi lalu menjelaskan tentang bagian-bagian daun ke Keke & Nai (masing-masing anak Chi minta pegang daunnya). Penjelasannya seperti yang terlihat di gambar. Di gambar itu kan ada bagian daun yang bernama tulang daun & tulang rusuk. Kalo di pikir-pikir sebenernya manusia juga punya kan yang namanya tulang badan & tulang rusuk. Jadi selain mengamati daun, Chi juga memberi tau mereka dimana letak tulang badan & tulang rusuk kita. Lumayan lah jadi dapet pelajaran biologi tentang tubuh manusia walaupun masih minim banget. Hehe..

Sebelum mulai bercerita tentang fotosintesis tumbuhan, Chi bercerita bahwa secara garis besar Allah menciptakan 3 makhluk hidup di dunia ini, yaitu manusia, hewan, & tumbuhan. Chi lalu minta mereka untuk menyebutkan siapa atau mana saja yang temasuk golongan manusia, hewan atau tumbuhan. Lumayan kan ada unsur agamanya walaupun sedikit :)

Wah antusias banget tuh mereka jawabnya. Termasuk Nai. Mereka jawab saling berebutan. Heboh banget deh pokoknya. Trus Keke juga ceritanya kalo di sekolah dia pernah di ajarin bu guru jiplak daun ke kertas, abis itu di tempel. Keke lalu mencontohkan apa yang udah dia pelajari di sekolah. Memang seperti biasa setiap kali Chi mengajak mereka untuk belajar gak pernah ketinggalan tuh yang namanya kertas & krayon.

Sambil belajar, mereka pun asik menggambar. Terkadang gak nyambung sama topik yang lagi kami pelajarin. Tapi buat Chi sie gak apa-apa, yang penting mereka seneng dulu. Kalo udah seneng, apapun yang di ajarin biasanya lebih cepet masuk.

Nah sekarang cerita tentang insiden kecilnya. Waktu lagi pada asik ngegambar, ternyata krayon warna biru Keke ngegelinding trus masuk got. Keke langsung ngamuk, nangis lama... banget. Di tawarin krayon yang lain (Keke punya beberapa krayon) tetep gak mau.. padahal sama aja warnanya. Tapi itu lah Keke dia sebenernya anaknya bisa di kasih tau, tapi kalo udah urusan sama krayon & mobil-mobilan dia bisa ngamuk kalo tau barang kesayangannya itu ilang.

Karena ada insiden kecil itu, akhirnya pelajaran tentang fotosintesis tumbuhan terpaksa deh di tunda lagi. Tadi sie Chi coba ngajakin lagi, tapi bikin dia jadi inget sama krayonnya. Ooops, untung gak nangis. Hehe... Tapi sebaiknya emang di tunda dulu kali ya...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge