Jumat, 06 Juni 2008

Bimbel

Bimbingan belajar atau bimbel sekarang ini udah kayak jamur kayaknya. Banyak banget!! Chi akhir-akhir ini suka mikir, kenapa sih kita harus bimbel? Kenapa sih gak cukup dengan sekolah aja?

Sebenernya bimbel itu bukan suatu keharusan sih... Tapi mungkin karena sesuatu hal jadinya bimbel itu menjadi seperti sebuah keharusan. Kalo menurut pendapat Chi itu karena kita merasa gak PD kalau mau menghadapi UN hanya berbekal ilmu dari yang kita dapat di sekolah formal saja.

Masalahnya ketika jaman SMA dulu (kira-kira 10 tahun yang lalu lah...), Chi juga ikutan bimbel waktu mau mengahadapi EBTANAS. Alasannya waktu itu sih karena mau ujian, jadi biar lebih mantep.

Tapi setelah udah jadi orang tua, jadi mikir sendiri dimana letak kesalahannya ya? Kalo harus sekolah formal juga, bimbel juga itu kan dobel-dobel jadinya. Dobel bayaran (apalagi dua-duanya tuh gak murah), dobel waktu juga (berjam-jam ngabisin waktu di sekolah, masih di tambah lagi dengan bimbel? Kasian juga ke anak-anak jadinya).

Kalo menurut pengalaman Chi kenapa kita jadi tidak PD kalau gak ikut bimbel karena soal ujian sama yang kita pelajarin di sekolah gak nyambung... Maksudnya di sekolah dalam menyelesaikan suatu soal kita dituntut untuk menyelesaikannya secara step by step. Sementara begitu ujian dikasihnya pilihan ganda.

Ikut bimbel lumayan menolong, karena di bimbel kita di ajarin jalan pintas untuk menyelesaikan soal yang rumit sekalipun. Jadi lumayan menghemat waktu, karena soal pilihan ganda kan gak penting caranya kita dapet jawaban dari mana yang penting bener (mau ngitung kancing juga boleh).

Chi kurang tau pasti apakah jaman sekarang masih seperti itu (keliatannya masih ya?). Tapi kalau masih... ya gak heran deh kalo bimbel pada akhirnya jadi semacam kegiatan wajib terutama bagi para siswa yang mau ujian.

post signature

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge