Rabu, 14 Mei 2008

Mulailah Dari Jawaban Sederhana

Gak ada maksud untuk menyepelekan kemampuan anak-anak, tapi apabila anak-anak menanyakan sesuatu Chi selalu mulai dari jawaban yang sederhana dulu. Sebenernya sih tepatnya memberikan jawaban sesuai dengan kemampuannya si anak itu sendiri (masing-masing anak bisa beda-beda ya..).

Contohnya gini, waktu Keke tanya kenapa bulan selalu ngikutin kita kalo Keke lagi jalan? Dan kenapa hanya ada di malam hari? Rasanya Chi pada saat itu gak mungkin menceritakan segala macam teori rotasi tentang kenapa bulan hanya ada di malam hari. Yang ada Keke cuma bingung nantinya. Jangankan menjelaskan secara detil, ngerti arti kata rotasi aja mungkin dia masih bingung.

Pada saat itu Chi cuma menjelaskan, kalo bulan itu berputar. Karena berputar jadi dia selalu bergantian tugas dengan matahari. Karena kalau gak bergantian nanti bulannya cape. Lagian kita sebagai manusia juga gak mau kan kalo setiap hari itu gelap terus atau terang terus karena bulan sama matahari gak mau gantian tugasnya? Nah berputarnya bulan itu kita sebut dengan rotasi.

Dari penjelasan yang sederhana tadi, Keke justru belajar tentang rotasi walau masih dalam konsep yang sederhana banget. Udah gitu Keke juga jawab gini, "Bun, kalo gitu Keke juga tau yang ciptain bulan itu Allah. Allah itu baik ya Bun?"

Nah, berkembang lagi kan.. Dari mulai bertanya kenapa bulan selalu mengikuti Keke sekarang Keke pun belajar tentang agama & belajar untuk bersyukur. 

post signature

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge