Kamis, 29 Mei 2008

Mengalah Atau Tidak?

Ngajarin anak kadang susah-susah gampang ya.. Walupun info yang Chi dapat perkembangan otak anak itu luar biasa. Semua informasi yang anak yang dapat di usia dini akan lebih mudah di tangkap daripada ketika dia sudah dewasa. Tapi ya menurut Chi kita juga harus pintar-pintar memberikan informasi kepada anak apalagi kalo berhubungan dengan perilaku.

Contohnya waktu Keke berumur +/- 2th, bisa dibilang dia anaknya ngalahan. Misalnya kalo dia lagi main trus ada yang minta mainannya dia pasti akan kasih. Apapun yang orang lain minta selalu dia kasih. Karena Chi selalu mengajarkan ke dia untuk mengalah.

Sampai suatu hari dia Chi masukin ke PAUD. Ini kali pertamanya dia sekolah. Namanya anak-anak sifatnya kan beda-beda ya. Kalo Keola itu tadinya gak pernah merebut mainan atau sesuatu yang lagi di pegang orang, bahkan seperti yang udah di tulis di atas dia itu selalu ngalah. Tapi Chi suka perhatiin kayaknya dia lama-lama gak nyaman dengan keadaannya. Setiap dia lagi asyik main selalu ada yang minta, bahkan ada anak lain yang langsung main rebut. Pada waktu Keke sih cuma diem. Kalopun gak suka, paling matanya aja yang keliatan berair.

Chi kasian banget (Keke itu dulu kalo sedih, justru gak teriak-teriak nangisnya). Gurunya juga bilang kalo dia itu suka kasian kalo liat Keke ngalah terus. Chi lalu bilang ke Keke, kalo Keke gak suka sebaiknya Keke bilang ke temennya jangan ambil mainan Keke. jangan diem aja.

Ternyata sikap Keke selanjutnya di luar dugaan. Emang sih setelah itu dia lebih bisa mengeluarkan emosinya. Tapi di awal-awal, kalo ada temennya yang minta mainan apalagi ngerebut pasti dipukul sama Keke. Kalo pun gak, dia akan nangis sekenceng-kencengnya.

Sempet ada rasa bersalah, jangan-jangan Chi udah ngajarin yang salah ke Keke. Yang Chi bisa lakukan adalah terus memberi tahu ke Keke. Di mana salah letak salahnya, dimana yang benernya. Alhamdulillah sih sekarang Keke udah gak seemosi dulu. Udah mulai mau ngalah lagi, tapi kalo dia lagi gak mau dia juga akan bilang. Memang susah-susah gampang ternyata ya...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge