Kamis, 08 Mei 2008

Bee

Semalem ngajak anak-anak baca majalah Bee Magazine. Majalah Bee kali ini membahas tentang lebah.

Selalu rame & heboh tiap kali ngajarin anak-anak. Pengennya sih tertib, halaman per halaman, tapi mana bisa...!! Sering yang kakaknya pengen halaman yang depan, adiknya pengen yang tengah. Duh rame deh.. Tapi emang dari kitanya yang harus ngalah kalo gak boro-boro mau belajar, yang ada ngambek nantinya.

Sering juga waktu ngajarin anak-anak mereka itu kayak gak serius. Perhatiannya sering teralihkan. Tapi sebenernya mereka nyimak. Karena tiap kali di suruh ngulang mereka sering bisa menjelaskannya.

Di halaman awal ada topik yang berjudul Apa yang Dilakukan Lebah di Dalam Rumah?

Ada berapa lebah dalam satu rumah?
Dalam satu buah rumah lebah, terdapat 60 ribu hingga 70 ribu lebah.

"Ha?!!Banyak banget!!" (kata Keke). Padahal sebenernya dia belom ngerti 60 ribu tuh sebanyak apa.

Penjaga Suhu Udara

Agar mutu madu yang dihasilkan tetap baik, lebah harus mengatur suhu dan kelembapan pada rumah mereka. Para lebah penjaga suhu udara akan mengipasi rumah mereka dengan sayap.

Supaya Keke & Nai lebih cepet nangkepnya, Chi ngibas-ngibasin tangan Chi ke Keola.

Bunda : "Gimana Ke? Berasa gak anginnya kalo bunda kipas-kipasin pake tangan?"
Keke : "Iya Bun. Jadi dingin. Ada anginnya.. Keke mau coba ya?"
Bunda : " Ya udah, tapi Keke cobanya ke adek. Nanti adek kipasin ke Bunda".

Jadilah untuk sesaat kita main kipas-kipasan. Tapi permainan sederhana tadi bikin anak-anak jadi cepet nangkep yang kita ajarin loh.

Pasukan Pembersih

Jangan harapkan bakteri dapat berkembang di rumah lebah. Di dalam rumah lebah, mereka memiliki pasukan pembersih yang bertugas mencegah zat2 asing masuk ke dalam sarang lebah.

Bunda : "Ke, di dalam rumah lebah ternyata ada pasukan pembersih juga, tugasnya untuk ngebersihin rumah lebah".
Keke : "Kenapa lebah rumahnya harus dibersihin?"
Bunda : "Menurut Keke kenapa kita harus bersihin rumah tiap hari?"
Keke : "Supaya bersih lah..".
Bunda : "Kalo gitu lebah juga sama. Dia gak mau rumahnya kotor. Kalo kotor nanti bakteri bisa masuk".
Keke : "Nanti lebahnya bisa sakit ya Bun?"
Bunda : "Iya dong".
Keke : "O.. Gitu".

Di majalah itu juga diceritain Bagaimana Lebah Lahir?. Step-stepnya lumayan jelas, jadi bikin Chi gak terlalu susah untuk jelasinnya.

Besok paginya waktu lagi becanda sama ayahnya, Keke bawain majalah Bee tadi ke ayahnya. Dengan bangganya dia ceritain semua yang dia tau tentang lebah hasil pelajaran semalem. Alhamdulillah sepertinya gak sia-sia nih hasil belajar semalem.

post signature

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge