Idul Adha 1428 H

By Keke Naima - January 08, 2008


Day 1

Waktu liburan Idul Adha (20 – 23 desember 2007) kemarin Keke & Naima bareng ayah, bunda, abah, mamah, om Adhi & keluarga besar liburan di Ciamis. Keke & Naima sama ayah & bunda berangkat dari rumah jam 08.00 pagi (sisanya berangkat dari Bandung), sampe Ciamis sekitar jam 12.30. Alhamdulillah di perjalanan lancar, gak macet juga.

Sampe di Ciamis langsung makan siang (pas banget nih.. udah laper. Hehe…). Ke Ciamis yang sekarang ini kita nemuin suasana yang baru. Karena rumahnya baru di renovasi. Emang sih belom selesai 100%. Tapi udah berasa juga perbedaanya, jadi tambah asyik aja kalo kesini.

Setelah makan, baru deh kita kurban. Baru di lakuin sore, soalnya nunggu semuanya dateng dulu. Alhamdulillah tahun ini kita masih bisa berkurban, 3 ekor kambing (Naima, Bi ati & Ghea). Kita kurbannya di halaman sendiri, di tempat yang dulunya banyak banget pohon (samping tempat parkir). Sekarang udah jadi halaman yang cukup lapang (cuma nyisain 2 pohon aja).

Ada cerita lucu waktu mau kurban. Critanya waktu itu lagi pada liat kambing yang mau di kurbanin, gak taunya salah satu dari kambing itu talinya lepas! Lari sana-sini, bikin panik orang-orang sekitar (langsung pada bubar jalan tuh). Haha... Untung aja kambingnya bisa cepet ketangkep. Katanya sih udah mau masuk rumah segala (pintunya kan terbuka). Kebayang deh kalo sampe tuh kambing masuk rumah, bisa abis diobrak-abrik kali ya...

Chi sih emang gak liat langsung kejadiannya, lagi di dapur (lagian suka gak tega liat hewan di potong. Hehe..). Tapi denger crita yang abis pada di kejar-kejar aja udah bikin Chi ngakak banget tuh.

Kita sekeluarga kebagian juga jatah kambingnya (kalo gak salah sih bagian pahanya). Dagingnya trus seperti biasa pastinya di bikin sate.

Pertama kita bakar satenya di teras dapur. Enak banget duduk-duduk disini. Udaranya sejuk, viewnya juga bagus. Cuma sayang kita gak bisa lama-lama bakar sate di sini, ujan mulai turun. Terpaksa deh bubaran.

Trus bakar satenya pindah ke patio. Duduk-duduk disini juga enak. Sama-sama sejuk & viewnya juga bagus. Tapi tempatnya lebih sempit. Lagian Chi agak ngeri disana, soalnya pationya belom sempet di pagerin. Mana banyak krucil, udah gitu pada gak mau diem lagi. Ngeri ah takut jatoh. Tapi besoknya sih pationya udah di kasih pager. Jadi kalo mau pada maen disitu cukup tenang lah.


Yang paling sibuk bakar sate tuh mang Ilan sama Om Dani. Yang lain? Tinggal makan aja. Hehe... Selagi Mang Ilan sama Om Dani bakar sate, Kak Aie sama Ijal asyik aja maen petasan.

Chi sempet motoin mereka, tapi karena Chi motoinnya dari atas udah gitu petasannya kan pada terbangan ke atas jadi bentar-bentar Chi lari sambil teriak-teriak. Takut kena. Hehe... Inok ngeliatnya ketawa-ketawa, katanya gimana kalo jadi wartawan perang, ini baru ketemu sama petasan aja udah ngibrit. Hehe...


Gak semua pada suka makan daging kambing, rata-rata yang perempuan pada gak suka. Paling Cuma Chi, Ghea sama Inong aja yang suka. Jadi buat yang gak suka sama daging kambing, dibikinin sate baso dan sosis. Ya... walaupun beda, tapi judulnya sama-sama sate kan. Hehe..

Setelah agak sore, Kak Aie diriin tenda. Lokasi tendanya agak maksa, di tempat parker di antara 2 mobil. Sebetulnya sih pengen dihalaman. Tapi karena masih ada pasir (kan masih ngebangun), trus masih ada saung butut (nantinya sih mau di cabut) jadinya terpaksa deh di tempat parkir. Tadinya sih diriin tenda buat tempat mainnya anak-anak aja, tapi ternyata kepake juga untuk tidur malem (Ica, Febi & Mang Ilan tidur di tenda tiap malem).

Malemnya kita main kembang api. Kembang apinya bukan kembang api anak-anak yang biasa kita mainin, tapi kembang api besar yang terbang-terbang ke langit.

Day 2

Kalo di olahraga ada istilah pemanasan, inti sama pendinginan kayaknya di sini juga berlaku deh. Kalo kemaren itu mungkin bisa dibilang pemanasan, karena kegiatannya belum banyak. Trus masih yang ’cukup’ kalem lah. Nah hari ini... baru di bilang intinya kali ya.

Pagi-pagi para krucil udah jalan-jalan ke sawah. Tapi Chi, Kak Aie & anak-anak gak ikut. Belom pada bangun. Hehe… Abis kita sekeluarga tidurnya paling malem. Nah karena tukang fotonya belom bangun jadinya gak ada foto-foto waktu jalan-jalan ke sawa deh.

Setelah sarapan, para krucil maen-maen di pinggir kolam yang kecil. Dasar pada usil, sendal-sendal yang lagi di pake di lempar-lemparin ke kolam. Akhirnya kerepotan sendiri kan ngambil sendalnya.

Abis maen di pinggir kolam, semuanya jalan-jalan ke sawah lagi sebentar. Abis itu baru deh pulang ke rumah. Lagi pada asik maen di teras depan rumah, tau-tau Kak Aie ngeledakkin confetti. Gak ada yang tau tuh, apalagi Om Dani nyangkanya Kak Aie tuh bawa kue. Makanya Om Dani anteng aja duduk deket Kak Aie (dikira mau bagi-bagi kue soalnya. Hehe...).

Trus waktu confettinya meledak sebagian besar confetti jatuh di kepala Om Dani & sukses nutupin botaknya. Hehe... (Maap nih Om..). Kalo krucil-krucil sendiri udah pasti pada kesenengan lah.


Dasar pada gak mau diem, selesai maen confetti langsung pada lari ke tenda. Maen di tenda sebentar, pindah lagi maen pasir. Tadinya sih cuma ngubur-nguburin sendal doang di pasir. Ceritanya maen harta karun, sampe akhirnya itu sendal ilang beneran. Lupa nguburnya dimana, trus mungkin kedaleman juga (baru di temuin 2 minggu kemudian, itu juga gak sengaja waktu tukangnya lagi ngambil pasir).

Makin lama, improvisasinya makin nambah deh. Yang tadinya cuma nguburin sendal, trus mulai pake mobil-mobilan, sampe akhirnya mulai pake air. Dekil aja pokoknya.


Lumayan lama juga maen pasir. Anak-anak mulai di bilas, tapi belom dimandiin. Soalnya siang itu ada rencana mau ngejala ikan. Makanya krucilnya sendiri gak pada dimandiin dulu. Sekalian kotor, tapi risikonya juga gak boleh pada masuk rumah. Kasian deh... Hehe...

Sambil nunggu ngejala ikan dimulai (lagi pada jumatan dulu yang mau ngejala). Anak-anak pada duduk di pinggir kolam. Tapi dasar anak-anak, yang tadinya cuma duduk-duduk aja mulai deh ngerendemin kaki. Sampe akhirnya nyemplunglah mereka semua ke kolam ikan. Mabok-mabok deh tuh ikan. Karena baru makan pas sarapan, makan siangnya juga semua pada disuapin Chi di kolam. Naima juga ikutan nyemplung loh.. Padahal airnya kan dingin, udah gitu dia gak mau di pegangin lagi.

Abis nyemplung, bapak-bapaknya baru mulai ngejala. Untungnya the krucilnya kali ini gak ganggu. Mereka cuma duduk-duduk di pinggir. Mungkin karena seru juga ngeliat yang ngejala ya. Karena ternyata ngejala itu gak gampang juga ya. Ikannya pada loncatan. Yang pada ngejala banyak yang ”di serang”, ada yang ditrubruk pahanya, belakangnya, bahkan ”dicium” pipinya sama ikan. Hehe... Udah gitu kolamnya kan juga licin (banyak lumpurnya). Jadi suka kepleset-kepleset gitu.

Apalagi Om Dani tuh. Selain yang paling banyak di serang, Om Dani juga paling sering jatoh. Hehe… Hasil tangkapan terbesar kali itu adalah gurame yang udah berumur 4 th. Lumayan besar loh dapetnya. Trus semua ikan yang berhasil di jala, kita bakar (Cuma sedikit yan dibikin sop). Bumbunya cukup pake kecap sama bawang merah aja. Tapi nikmatnya… Hmmm… Ikan baru di bakar bercampur sama nasi anget. Nikmat banget kan?


Untuk kegiatan malemnya masih sama kayak malem sebelumnya, maen kembang api. Paling abis itu Kak Aie, Chi & anak-anak sama Adhi maen lomba balap HP. Tau gak balap HP tuh apa? Caranya HP kita nyalain ringtonenya, pake vibra juga. Abis itu HPnya kita diriin di lantai. HPnya trus bisa jalan kan tuh. Jalannya macem-macem. Ada yang muter-muter, ada juga yang maju. Udah gitu gerakan HPnya tuh tergantung ringtonenya juga. Jadi mesti pinter-pinter pilih ringtone. Hehe…

Day 3

Pagi-pagi udah jalan ke sawah lagi (duh demen amat ya…). Tapi kali ini rutenya beda. Sawah yang di datengin juga beda (tapi masih punya kit juga sih). Lokasinya sedikit jauh dari yang pertama.

Ini kali pertama Chi ikutan jalan ke sawah (kemaren gak ikut). Ternyata licin juga ya jalannya. Agak-agak takut jatoh nih. Akhirnya sampe juga kita di saung. Pas lagi duduk di saung, uwa metikin kelapa muda 5 buah. Rasanya seger... banget.

Karena di saung gak ada gelas, sendok, apalagi sedotan jadi makan kelapa mudanya dengan cara alami aja. Airnya langsung di teguk dari batoknya. Trus dagingnya di keruk pake potongan batok kelapa (dibikin sedikit pipih, jadi kayak sendok gitu). Lumayan deh jadi bisa di makan dagingnya.


Sebelum pulang, pada cuci kaki dulu di mata air. Airnya banyak & bening banget. Wih… seger!! O’ya waktu kita jalan ke sawah, ada kucing yang ngikutin Naima terus. Dari mulai berangkat sampe pulang selalu di samping Naima. Jagain Naima kali ye. Hehe…

Setelah sampe rumah, acara berikutnya mancing. Ternyata hasil tangkepan mancing lebih banyak daripada ngejala. Emang sih gak ada yang segede kemaren. Talinya kurang kuat. Jadi kalo dapet ikan yang gede, kailnya sering putus.

Hasil tangkepannya seperti yang kemaren di bakar lagi. Nikmat banget dah... Apalagi makannya sama-sama di teras dapur. Biarpun bareng kucing, tapi nikmatnya gak berkurang. Hehe…


Setelah mancing (hampir seharian loh…). Sorenya adalah waktu tenang. Pada nonton kartun di tv. Tapi tetep aja setenang-tenangnya mereka begitu liat acara foto-foto mah langsung gaya abis..!

Malemnya mulai heboh lagi. Becanda di kamar, maen tiban-tibanan. Aduh para krucil ini kayak gak pernah keabisan energi ya... Abis maen di kamar, kegiatan hari ini di tutup sama apalagi kalo bukan maen kembang api (ngabisin stock nih).

Day 4

Gak terlalu banyak aktivitas di hari ke-4. Maklum udah mau pulang. Jadi paling beres-beres sama kegiatan biasa aja. Kira-kira jam 10 pagi kita pulang. Alhamdulilla di jalan lumayan lancar. Mampir ke Bandung sebentar, malemnya nerusin pulang ke Jatibening (Kak Aie harus kerja besoknya).

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^